IMF Merevisi Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi China di 2023 dan 2024

Rabu, 08 November 2023 - 11:42 WIB
loading...
A A A
Utang lokal telah mencapai 92 triliun yuan (USD12,6 triliun) atau 76% dari output ekonomi China pada 2022, naik dari 62,2% pada 2019. Politbiro China, badan pembuat keputusan utama Partai Komunis yang berkuasa, mengatakan pada akhir Juli akan mengumumkan langkah-langkah untuk mengurangi risiko utang pemerintah daerah.

"Pemerintah pusat harus menerapkan reformasi kerangka fiskal yang terkoordinasi dan restrukturisasi neraca untuk mengatasi tekanan utang pemerintah daerah, termasuk menutup kesenjangan fiskal pemerintah daerah dan mengendalikan aliran utang," kata Gopinath.

"China juga harus mengembangkan strategi restrukturisasi yang komprehensif untuk mengurangi tingkat utang pembiayaan pemerintah daerah (LGFV)," tambahnya.

LGFV didirikan oleh pemerintah daerah untuk mendanai investasi infrastruktur, tetapi sekarang menjadi risiko besar bagi ekonomi China yang melambat, dengan utang gabungan mereka membengkak menjadi sekitar USD9 triliun.

Gopinath memperingatkan, perbaikan transparansi fiskal pemerintah daerah dan pemantauan risiko diperlukan untuk mencegah munculnya kerentanan baru. Ia juga memberikan catatan "risiko stabilitas keuangan stabil dan masih meningkat."
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3095 seconds (0.1#10.140)