Mantan Ekonom Gedung Putih: Negara-negara BRICS Bisa Hancurkan Dolar

Rabu, 08 November 2023 - 14:12 WIB
loading...
Mantan Ekonom Gedung Putih: Negara-negara BRICS Bisa Hancurkan Dolar
Dolar dapat menghadapi tantangan yang semakin besar dari negara-negara BRICS. FOTO/Europeanconservative
A A A
JAKARTA - Mantan Ekonom Gedung Putih, Joe Sullivan menegaskan dolar dapat menghadapi tantangan yang semakin besar dari negara-negara BRICS , berkat banyaknya anggota dan pengaruh blok tersebut yang semakin besar terhadap perdagangan global.

Dalam sebuah artikel opini baru-baru ini untuk Foreign Policy, Sullivan menunjukkan adanya kekhawatiran bahwa negara-negara BRICS dapat menciptakan mata uang untuk menyaingi dolar AS dalam perdagangan internasional. Mata uang seperti itu berpotensi menggulingkan dolar dari posisinya di puncak pasar perdagangan global dan sebagai mata uang cadangan yang dominan.

Sullivan memperingatkan, meskipun para pejabat BRICS mengatakan tidak ada mata uang saingan yang sedang dikerjakan, blok negara-negara pasar berkembang tersebut, yang baru-baru ini memperluas undangan ke Argentina, Mesir, Ethiopia, Iran, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab dapat menjadi ancaman bagi mata uang hijau karena pengaruhnya yang terus meningkat.



Penambahan Mesir, Ethiopia, dan Arab Saudi dapat memberikan pengaruh BRICS lebih dari 12% dari seluruh perdagangan global. Hal ini dikarenakan ketiga negara tersebut mengelilingi Terusan Suez, sebuah jalur utama bagi barang-barang untuk mengalir ke pasar internasional.

Sullivan mencatat bahwa blok ini juga memiliki pengaruh besar di pasar komoditas. Arab Saudi, Iran, dan Uni Emirat Arab adalah eksportir bahan bakar fosil terbesar di dunia. Sementara itu, Brazil, China, dan Rusia adalah eksportir utama logam mulia.

Penambahan Arab Saudi secara khusus dapat memberikan keuntungan besar bagi BRICS+. Negara Timur Tengah ini memiliki lebih dari USD100 miliar obligasi pemerintah AS, yang telah membantu meningkatkan total kepemilikan BRICS di US Treasury menjadi lebih dari USD1 triliun.

"Negara-negara BRICS+ tidak perlu menunggu sampai mata uang perdagangan bersama memenuhi kondisi teknis khas mata uang cadangan global sebelum mereka mengayunkan bola perusak ekonomi mereka yang baru saja diperbesar ke arah dolar," ujarnya, dikutip dari Business Insider, Rabu (8/11/2023).

Sullivan menunjuk pada yuan China, yang mengungguli mata uang global lainnya dalam perdagangan, karena mitra-mitra dagang Beijing meningkatkan penggunaan renminbi. Pada akhirnya, tren-tren tersebut dapat membantu menempatkan greenback pada posisi sama dengan pound Inggris. Sullivan pun memperingatkan bahwa dolar pernah tergelincir dari dominasi internasional pada tahun 1800-an.



Ekonom-ekonom lain berpendapat bahwa peran dolar AS sebagai mata uang perdagangan dan cadangan devisa utama di dunia kemungkinan besar akan terus berlanjut untuk waktu lama. Data dari Bank of International Settlements dan Dana Moneter Internasional (IMF) menunjukkan greenback masih mengalahkan mata uang saingannya dalam perdagangan internasional dan cadangan devisa bank sentral dengan selisih yang cukup besar, dan yuan hanya membuat keuntungan kecil baru-baru ini dalam pundi-pundi bank sentral.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)