Bos BI Rayu Investor Jepang untuk Investasi di Indonesia, Ini Tawarannya

Rabu, 08 November 2023 - 16:31 WIB
loading...
A A A
Untuk mendukung iklim investasi di Indonesia juga dilakukan diskusi yang membahas seputar perkembangan investasi termasuk local currency transaction (LCT) Indonesia-Jepang yang tidak hanya akan memperlancar perdagangan melainkan juga investasi langsung antar kedua negara.

Dalam pembahasan mengenai LCT, yaitu penyelesaian transaksi bilateral yang dilakukan oleh pelaku usaha di Indonesia dan negara mitra dengan menggunakan mata uang lokal, mengemuka bahwa Jepang sebagai menjadi mitra dagang utama Indonesia dapat mengoptimalkan pemanfaatan LCT untuk mengurangi dominasi mata uang tertentu pada transaksi perdagangan dan investasi langsung antara Indonesia dan Jepang.

"Implementasi LCT tersebut diyakini dapat bermanfaat antara lain untuk mendorong terciptanya kurs nilai tukar yang lebih efisien, pendalaman pasar keuangan dalam mata uang lokal, serta aspek teknis lainnya seperti kemudahan pembukaan rekening dan proses remitansi rupiah di Jepang," sambung Perry.

Sejauh ini, LCT antara Indonesia dan Jepang yang mulai diimplementasikan sejak Agustus 2020 terus menunjukkan perkembangan yang positif dan berpotensi untuk terus dikembangkan, sejalan dengan terus meningkatnya transaksi perdagangan, yang didominasi sektor manufaktur, pertanian dan pertambangan kedua negara.

Selain itu, untuk mendorong promosi perdagangan, khususnya produk lokal Indonesia, terdapat gelaran Indonesia Night bertema “Harmony Across Borders: Uniting Hearts, Strengthening Partnerships", sekaligus sebagai apresiasi budaya dan merayakan hubungan diplomatik 65 tahun antara Indonesia-Jepang.

Apresiasi ini dilakukan melalui pemberian wastra dari 15 UMKM unggulan binaan BI kepada 16 tokoh terkemuka yang merupakan stakeholder BI dan KBRI yang berperan signifikan dalam memperkuat kemitraan Indonesia dan Jepang. Pada kesempatan tersebut, BI juga mempromosikan produk unggulan yang meliputi wastra, pakaian jadi, kerajinan, aksesoris, home decor, modest fashion, dan kopi.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)