Empat Langkah Radikal The Fed Selamatkan Ekonomi AS

Kamis, 30 April 2020 - 12:25 WIB
loading...
A A A
Komitmennya mencapai hingga USD100 miliar untuk usaha, dan dalam beberapa minggu telah memperluas potensi komitmen hingga USD750 miliar. Hal itu juga mencakup akan membeli hingga USD100 miliar jenis utang yang lain, termasuk hutang kartu kredit, pembiayaan mobil pinjaman, pinjaman mahasiswa, hipotek komersial dan pinjaman "leveraged ".

Daftar ini sangat luas, hingga beberapa pengamat industri keuangan mengomentari dengan nada becanda bahwa bank selanjutnya akan membeli kartu bisbol. Beberapa telah memperingatkan tindakan Bank dapat mendorong masa depan yang berisiko. "Pasar bekerja ketika banyak yang memiliki rasa takut kehilangan," tulis OakTree Capital Management Co-Founder Howard Marks.

"Seharusnya tidak menjadi peran Fed atau pemerintah untuk memberantas itu," sambungnya.

Banyak ekonom mengatakan ada ketakutan yang berlebihan, mengingat sifat yang unik dari dampak virus corona. "Saya rasa ini seperti kejutan eksternal yang besar, bahwa saya pikir bank sentral seharusnya menyediakan likuiditas dan mencoba untuk mencegah beberapa pengeluaran (untuk masyarakat)," kata ekonom Nellie Liang, seorang Senior Fellow di Brookings Institution dan mantan Direktur stabilitas keuangan di The Fed.

3. The Fed Juga Memberikan Pinjaman Langsung ke Usaha Kecil

The Fed telah mengumumkan akan meluncurkan "Main Street" operasi pinjaman, dengan alokasi USD600 miliar sebagai pendanaan rendah dengan pinjaman empat tahun senilai USD1 juta hingga USD25 juta bagi perusahaan berukuran menengah. Hal ini sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Departemen Keuangan telah menempatkan USD75 miliar sebagai rencana, setelah program bantuan bagi bisnis kecil membuat pemerintah kewalahan oleh permintaan.

"Ini adalah langkah besar untuk Fed, tapi saya pikir krisis ini tidak biasa. Masalah tidak hanya likuiditas pasar tetapi likuiditas untuk perusahaan kecil yang sering kali tidak memiliki akses ke pasar sehingga sejauh mana Fed dapat memberikan beberapa dukungan di sini, tampaknya penting," ujar MS Liang.

Tapi, dia menambahkan:"The Fed harus berpikir dengan sangat cermat tentang bagaimana merancang program Main Street untuk membantu peminjam dan tidak hanya meningkatkan beban utang mereka,".

Memang banyak masalah ekonomi saat ini yang tidak dapat diselesaikan dengan pinjaman, Prof Blinder memperingatkan, menunjuk pada perlunya pemerintah untuk meningkatkan pengeluaran pada item seperti kesehatan dan tunjangan pengangguran. "Apakah kegiatan ini membantu ekonomi? Jawabannya adalah ya, tapi kata operatif dalam kalimat itu adalah membantu-The Fed tidak dapat melakukan ini dengan sendirinya," katanya.

4. The Fed Juga Membantu Pemerintah Daerah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)