Hindari Middle Income Trap, Ganjar Bidik Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

Rabu, 15 November 2023 - 09:59 WIB
loading...
Hindari Middle Income Trap, Ganjar Bidik Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen
Calon presiden Ganjar Pranowo akan menggenjot pertumbuhan ekonomi guna membawa Indonesia keluar dari middle income trap. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Calon presiden Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa ia telah berdiskusi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengenai strategi pertumbuhan ekonomi untuk membawa Indonesia keluar dari perangkap pendapatan menengah, yang sering disebut 'middle income trap'.



Pertemuan antara keduanya terjadi sebelum pandemi Covid-19 melanda, dan Sri Mulyani meminta Ganjar untuk merumuskan strategi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga mencapai 7% per tahun.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga menjelaskan alasan di balik target pertumbuhan ekonomi yang dibahasnya dengan Sri Mulyani adalah karena target itulah yang paling ideal untuk melepaskan Indonesia dari middle income trap.

Beberapa pejabat di Indonesia sering menggunakan istilah middle income trap ketika berbicara mengenai kondisi perekonomian nasional. Bagi yang tidak terbiasa dengan dunia perekonomian, istilah ini mungkin terdengar asing. Lantas, apa yang dimaksud dengan middle income trap?

“Pertumbuhan ekonomi sampai 7% kenapa? Kita pernah bicara, ngobrol sama Sri Mulyani sebelum pandemi, 'Pak Ganjar siapin dong,' kalau enggak kita middle income trap,” kata Ganjar Pranowo dalam acara Sarasehan 100 Ekonom 2023 pada Rabu (8/11/2023).

Berdasarkan pembicaraan dengan Sri Mulyani, Ganjar Pranowo menetapkan target pertumbuhan ekonomi 7% dalam dokumen visi-misinya bersama calon wakil presiden, Mahfud MD.

Dalam upaya mewujudkan target tersebut, Ganjar Pranowo bahkan telah melakukan pembicaraan dengan beberapa pengusaha. Ia menjelaskan kepada mereka bahwa pemerintah akan memberikan kepastian hukum yang jelas kepada para pengusaha.

“Maka kita dorong, kita tanyakan kepada salah satu pengusaha agar dapat tumbuh, dengan memberikan kepastian dan penegakan hukum. Jika itu terpenuhi, pemerintahan akan bersih, dan pertumbuhan ekonomi akan berjalan dengan sendirinya, ini menarik karena dia seorang pengusaha,” ucapnya.

Apa itu Middle Income Trap?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)