Kereta Cepat Makin Populer, Menhub: Orang Malaysia ke Bandung Destinasi Wisatanya Whoosh

Kamis, 16 November 2023 - 16:37 WIB
loading...
Kereta Cepat Makin Populer, Menhub: Orang Malaysia ke Bandung Destinasi Wisatanya Whoosh
Kereta cepat Whoosh yang baru saja diresmikan, tidak hanya menjadi moda transportasi favorit bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi telah menjadi destinasi wisata bagi para pelancong asal Malaysia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kereta cepat Whoosh yang baru saja diresmikan pada 2 Oktober 2023 lalu, tidak hanya menjadi moda transportasi favorit bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi disebutkan oleh Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi bahwa, Whoosh jadi destinasi wisata baru wisatawan asalMalaysia jika berkunjung ke Indonesia khususnya Bandung.



Menhub mengatakan, bahwa negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia sudah sudah mengakui kecanggihan moda transportasi tersebut. Dalam unggahan video di Instagram @budikaryas, Menhub bertemu dengan insan transportasi dan juga sejumlah profesi yang menanyakan kabar terkait Whoosh.

"Sekarang itu orang Malaysia kalau ke Bandung itu destinasi wisatanya adalah Whoosh," kata Menhub dikutip dari video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Jumat (16/11/2023).



Adapun sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melaporkan bahwa pada 12 November, penumpang kereta cepat whoosh yang dilayani mencapai 21.312 penumpang. Jumlah ini dicapai melalui pengoperasian 36 jadwal perjalanan dengan rincian 28 perjalanan reguler dan 8 perjalanan tambahan.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, capaian ini menjadi capaian kinerja angkutan tertinggi selama Kereta Cepat Whoosh beroperasi. Sebelumnya volume penumpang tertinggi terjadi pada 11 November sebanyak 20 ribu penumpang dan 4 November di 18 ribu Penumpang.

Dibandingkan pekan lalu terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta cepat Whoosh sebesar 18% atau sebanyak 3.259 penumpang. Dari sisi jumlah perjalanan, terjadi peningkatan jumlah perjalanan sebesar 12% dari 32 perjalanan di 4 November menjadi 36 perjalanan di 11 dan 12 November.

"Peningkatan jumlah penumpang ini seiring dengan adanya peningkatan jumlah perjalanan di akhir pekan. Kereta Cepat Whoosh kini menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya," ujar Eva dalam keterangan tertulis, Senin (12/11).

Eva menjelaskan dari 21.312 penumpang, 497 penumpang atau 2,3% di antaranya merupakan penumpang first class, 886 penumpang atau 4,2% penumpang business class, dan 19.929 penumpang atau 93,5% penumpang premium economy class.

Disebutkan juga oleh Eva bahwa rata-rata okupansi masing-masing perjalanan mencapai 98,5%. Adapun untuk jadwal tertentu okupansinya mencapai 100% atau terjual habis.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)