4 Perusahaan Teknologi Ternama Asal AS Turun Gunung Bantu Pembangunan IKN

Minggu, 19 November 2023 - 22:45 WIB
loading...
4 Perusahaan Teknologi Ternama Asal AS Turun Gunung Bantu Pembangunan IKN
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama dengan empat perusahaan teknologi informasi (IT) Amerika Serikat (AS) berkolaborasi dalam pembangunan kota cerdas di IKN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama dengan empat perusahaan teknologi informasi (IT) Amerika Serikat (AS) berkolaborasi dalam pembangunan kota cerdas di IKN .

"MoU ini menunjukkan ketertarikan dan kepercayaan dunia internasional dalam pembangunan IKN sebagai kota modern yang cerdas, berkelanjutan, berketahanan, berkelanjutan, hijau, dan inklusif," kata Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dalam keterangan tertulis, Minggu (19/11/2023).



Bambang mengungkapkan, pihaknya berhasil melahirkan total lima kesepakatan kerja sama dalam bentuk nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan empat perusahaan teknologi dan institusi pendidikan.



Empat perusahaan teknologi ternama dari Amerika Serikat yang menandatangani MoU dengan OIKN tersebut adalah Cisco, Autodesk, Microsoft, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI). Keempat penandatanganan MoU tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi perusahaan global dalam pembangunan kota cerdas di IKN.

4 Perusahaan Teknologi Ternama Asal AS Turun Gunung Bantu Pembangunan IKN


Cisco nantinya akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

"Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota," beber Bambang.

Adapun Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu OIKN dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai. Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)