Faisal Basri: Hati-hati, Akan Ada Krisis Ekonomi

Kamis, 09 November 2017 - 13:40 WIB
Faisal Basri: Hati-hati, Akan Ada Krisis Ekonomi
Faisal Basri: Hati-hati, Akan Ada Krisis Ekonomi
A A A
JAKARTA - Ekonom Faisal Basri mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati. Dia memprediksi, akhir tahun ini akan ada krisis yang bakal mengguncang ekonomi Indonesia, meski tidak terlalu besar.

Menurut Faisal, guncangan yang akan melanda perekonomian Indonesia itu akibat dari kesalahan pemerintah sendiri yang telah mengeluarkan beberapa kebijakan tak tepat, seperti menurunkan suku bunga.

"Hati-hati sampai Desember kemungkinan ada krisis kecil yang diciptakan pemerintah sendiri, tapi krisisnya sebentar dan bisa dilewati karena pemerintah akhirnya sadar tidak bisa lagi ugal-ugalan," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Di saat Indonesia dihantui krisis, sambung Faisal, perekonomian dunia justru dalam tren membaik. Pemicunya adalah pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS), China dan Eropa.

"Perhatikan kecenderungan di Amerika Serikat, ekonomi dunia membaik dan tahun depan lebih baik walaupun sedikit, Eropa dan China juga. Jadi, hampir seluruh kawasan membaik," paparnya.

Sementara Indonesia, lanjut Faisal, tetap akan tumbuh meski tidak terlalu signifikan. Untuk kawasan Asia Tenggara (ASEAN), dia memprediksi, peringkat ekonomi Indonesia hanya akan berada di posisi ke-5 dari 10 negara.

"Nah persoalannya adalah Indonesia di kawasan yang ekonomi tidak lebih tumbuh, kita tertinggal dari Laos, Kamboja, Filipina, Vietnam, kita nomor lima tertinggi," cetusnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8281 seconds (0.1#10.140)