Berada dalam Zona Positif, Apindo Minta Dunia Usaha Tetap Waspada

Senin, 20 November 2023 - 12:35 WIB
loading...
Berada dalam Zona Positif, Apindo Minta Dunia Usaha Tetap Waspada
Dunia usaha Indonesia masih berada dalam zona positif. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo ) menyebutkan bahwa saat ini dunia usaha di Indonesia masih dalam zona positif. Meski begitu, Indonesia perlu waspada dalam menghadapi tantangan ke depannya karena kondisi perekonomian dunia yang melemah.



Terlebih pada 2024 tekanan ekonomi global akan semakin tinggi dan juga Indonesia akan menghadapi pemilu yang dapat tertahannya investasi. Kondisi itu lantaran investor akan sangat berhati-hati atau menunda untuk berinvestasi dalam kondisi perekonomian dunai yang sedang kurang baik dan kelarnya pemilu.

"Walaupun kita dalam zona positif, tapi kita harus waspada untuk menghadapi perlambatan ekonomi ke depan khususnya tahun 2024," kata Ketua Bidang Ketenagakerjaan Apindo Bob Azam dalam Market Review IDXChannel, Senin (20/11/2023).

Bob menambahkan, kondisi beberapa sektor di dunia usaha saat ini menurun jika dibandingkan dengan kuartal II-2023 lalu. Purchasing Managers' Index (PMI) kecenderungan menurun.

"Kemudian juga indeks kepercayaan konsumen masih zona positif, tapi juga menurun," katanya.

Kondisi sektor retail dan industri makanan dan minuman saat ini juga mengalami penurunan akibat adanya isu boikot produk-produk yang berafiliasi dengan Israel. Jika aksi bolikot semakin meluas, dampaknya akan semakin besar.



"Isu ini berdampak ke sektor retail dan makanan dan minuman. Tapi dikhawatirkan ini juga bisa meluas," katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)