Toleransi Xi Jinping Terhadap Penderitaan Sektor Properti China Hampir Habis

Sabtu, 25 November 2023 - 18:00 WIB
loading...
Toleransi Xi Jinping Terhadap Penderitaan Sektor Properti China Hampir Habis
Toleransi Presiden China Xi Jinping terhadap penderitaan di sektor properti sudah hampir habis. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - China meningkatkan tekanan pada bank-bank untuk mendukung para pengembang real estat yang sedang mengalami kesulitan. Hal ini menandakan bahwa toleransi Presiden Xi Jinping terhadap penderitaan di sektor properti sudah hampir habis.

Saham-saham pengembang dan obligasi menguat di China minggu ini di tengah spekulasi bahwa pihak berwenang akan memperkenalkan beberapa langkah yang paling luas dengan membuat sebuah rancangan daftar perusahaan yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan bank sambil mempertimbangkan sebuah rencana yang memungkinkan bank-bank untuk menawarkan pinjaman tanpa agunan kepada mereka untuk pertama kalinya.

Langkah-langkah ini ditujukan untuk meringankan krisis uang tunai industri real estat, orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan, menggarisbawahi kegelisahan di antara para pemimpin tertinggi China atas krisis yang berkepanjangan.



Beijing juga ingin memastikan para pengembang memiliki cukup uang tunai untuk menyelesaikan jutaan rumah yang sedang dibangun, meskipun itu berarti menambah risiko bagi bank-banknya.

Langkah-langkah baru untuk mendukung sektor properti akan sangat membantu untuk memutus lingkaran setan gagal bayar yang meluas dan menghindari penyebaran risiko-risiko sistemik," ujar May Zhao, kepala riset ekuitas di Zhongtai Financial International Ltd.

Upaya baru untuk memperkuat para pengembang ini menambah banyak langkah selama setahun terakhir yang sebagian besar bertujuan untuk meningkatkan permintaan akan rumah, termasuk uang muka yang lebih rendah dan persyaratan KPR yang lebih mudah. Upaya-upaya tersebut sebagian besar gagal, dengan penjualan rumah jatuh dalam 18 dari 22 bulan terakhir. Pembeli tetap menunggu, khawatir dengan penundaan konstruksi, penurunan harga dan default perusahaan.

Beijing kini mengincar bank-bank terbesar di dunia, mendesak mereka untuk menyalurkan lebih banyak kredit dan memastikan bahwa pertumbuhan pinjaman kepada pengembang swasta sesuai dengan rata-rata industri. Pandangan optimisnya adalah jika perusahaan-perusahaan seperti Country Garden Holdings Co. dapat menggunakan suntikan dana untuk menyelesaikan rumah dan menghindari lebih banyak gagal bayar yang menarik perhatian, para pembeli akan kembali percaya diri dan penjualan akan meningkat. Bank-bank bahkan dapat menghindari kerugian jika sektor ini stabil.

"Para pengembang dapat bertahan dari penurunan jika masalah likuiditas jangka pendek terselesaikan," kata Jian Shi Cortesi, seorang fund manager di GAM Investment Management.

Analis di JPMorgan Chase & Co. memperingatkan bahwa mengijinkan bank-bank untuk memberikan pinjaman tanpa jaminan kepada para pengembang yang memenuhi syarat "akan menjadi sebuah langkah yang beresiko" untuk para pemberi pinjaman karena "akan menimbulkan kekhawatiran mengenai risiko layanan nasional dan risiko kredit dalam jangka menengah."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)