10 Keluarga Terkaya di Dunia, Hermes hingga Walmart Raja Ritel AS

Jum'at, 01 Desember 2023 - 10:05 WIB
loading...
10 Keluarga Terkaya di Dunia, Hermes hingga Walmart Raja Ritel AS
Daftar 10 keluarga terkaya di dunia dengan hasil kekayaan dari bisnis turun temurun. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Miliarder dunia menjadi selebritas yang ramai dibicarakan. Bisnis keluarga yang sukses mungkin menawarkan daya tarik universal.

Terlebih lagi, bisnis keluarga menyiratkan nilai-nilai keaslian, tradisi, warisan, garis keturunan, dan kualitas. Selain itu, keluarga kaya juga menunjukkan kebangsawanan, terutama jika kekayaan itu turun-temurun.

Terlepas dari status keuangan Anda, mengawasi kaum ultrarich entah dengan rasa kagum, iri, atau benci mungkin lebih menyenangkan. Berikut 10 keluarga terkaya di dunia dikutip dari Investopedia, Jumat (1/12/2023).

1. Walton Family

Harta Kekayaan: USD224,5 miliar
Perusahaan: Walmart

Walmart adalah perusahaan ritel raksasa. Didirikan oleh Sam Walton di Arkansas pada 1962. Walmart adalah perusahaan terbesar di dunia dengan pendapatan tahun lalu mencapai USD611 miliar dan lebih dari 2,1 juta rekanan global.

Apabila karyawan Walmart terdiri dari kota mereka sendiri, maka kota ini akan menjadi terpadat kelima di Amerika Serikat (AS). Perusahaan ini mengoperasikan lebih dari 10.500 toko ritel di seluruh dunia dan 5.215 toko di AS per 31 Juli 2023.

Jika karyawan Walmart terdiri dari kota mereka sendiri, maka kota ini akan menjadi kota terpadat kelima di Amerika. Perusahaan ini mengoperasikan lebih dari 10.500 toko ritel di seluruh dunia dan 5.215 toko di AS per 31 Juli 2023.

2. Mars Family

Harta Kekayaan: USD160 miliar
Perusahaan: Mars Incorporated

Mars Family bisnis multigenerasi yang ada di mana-mana dan sangat populer. Saat ini, lebih dikenal karena membuat M&Ms daripada Mars Bar yang terkenal itu.

Pada 2017, perusahaan permen terbesar di dunia ini melakukan diversifikasi dengan membeli VCA, sebuah perusahaan perawatan hewan peliharaan, senilai USD9,1 miliar.



Kakak beradik Jacqueline dan John Mars, yang kakeknya, Frank Mars, mendirikan perusahaan ini dengan masing-masing memiliki kekayaan bersih sebesar USD38,3 miliar dan berada di urutan ke-31 dalam daftar miliarder versi Forbes per 20 September 2023. Perusahaan ini sekarang dijalankan oleh beberapa anak mereka merupakan generasi keempat anggota keluarga Mars.

3. Koch Family

Harta Kekayaan: USD128,8 miliar
Perusahaan: Koch Industries

Charles Koch berutang kekayaannya yang luar biasa pada bisnis minyak yang didirikan oleh ayahnya, tetapi hari ini, ia mungkin lebih dikenal oleh masyarakat umum karena politiknya, merogoh koceknya dalam-dalam untuk membiayai para kandidat dan kelompok pemikir libertarian, mendanai gelar profesor di universitas, dan melobi untuk mendapatkan posisi kebijakan, semuanya bertujuan untuk memajukan agenda konservatif.

Charles bermitra dengan saudaranya, David, hingga kematiannya pada 2019. Charles memiliki kekayaan sekitar USD54 miliar, menduduki peringkat 17 dalam daftar miliarder Forbes, sementara janda David, Julia Koch, dan keluarganya, menduduki peringkat 18 dengan kekayaan bersih sebesar USD59 miliar per 20 September 2023. David Koch, miliarder yang memicu gerakan sayap kanan meninggal di usia 79 tahun.

4. Keluarga Al Saud

Harta Kekayaan: USD105 miliar
Perusahaan: Saudi Royal Family

Perusahaan Keluarga Saudi, Al Saud memiliki sejarah monarki yang sudah ada sejak hampir seabad yang lalu. Kekayaan keluarga yang sangat besar, diperkirakan mencapai USD105 miliar, telah berkembang berkat pembayaran selama beberapa dekade dari Royal Diwan, kantor eksekutif raja.

Hubungan dengan Saudi Aramco, salah satu perusahaan paling menguntungkan di dunia dan raksasa industri minyak, memastikan bahwa keluarga kerajaan Saudi terus mengumpulkan pundi-pundi kekayaan dari minyak. Sulit untuk menilai kekayaan House of Saud secara akurat, sebagian karena keluarga ini terdiri dari 15.000 anggota keluarga besar, banyak di antaranya telah mendirikan bisnis, menerima kontrak pemerintah, dan banyak lagi.

5. Hermes Family

Harta Kekayaan: USD94,6 miliar
Perusahaan: Hermes

Rumah mode dan penyedia barang mewah asal Prancis, Hermès, telah memukau dunia dengan syal, dasi, dan parfumnya yang khas, serta tas tangan Kelly dan Birkin yang ikonik. Pada abad ke-19, Thierry Hermès membuat pakaian berkuda untuk kaum bangsawan.



Kini, perusahaan ini mendandani para bangsawan bola basket seperti LeBron James. Memadukan teknologi jadul dan baru, jam tangan Hermès Apple dijual dengan harga USD1.299 ke atas. Axel Dumas saat ini menjabat sebagai direktur eksekutif perusahaan, dan Pierre-Alexis Dumas adalah wakil presiden eksekutif artistik.

6. Keluarga Ambani

Harta Kekayaan: USD84,6 miliar
Perusahaan: Reliance Industries

Konglomerat industri India, Reliance Industries, satu-satunya perusahaan Asia dalam daftar kami, mungkin merupakan perusahaan yang paling tidak dikenal oleh para pembaca pada umumnya. Namun demikian, CEO Mukesh Ambani, yang almarhum ayahnya mendirikan perusahaan ini pada tahun 1957, berada di urutan kesembilan dalam daftar miliarder Forbes dengan kekayaan bersih USD83,4 miliar pada 20 September 2023, mengawasi perusahaan penyulingan, petrokimia, minyak, gas, dan tekstil; saudara laki-lakinya, Anil, mengelola telekomunikasi, manajemen aset, hiburan, dan pembangkit listrik.

7. Wertheimer Family

Harta Kekayaan: USD79 miliar
Perusahaan: Chanel

Rumah mode mewah asal Prancis, Chanel, melegenda dengan "little black dress" yang tak lekang oleh waktu, parfum No. 5, dan mendiang perancang ternama Karl Lagerfeld yang meninggal pada 19 Februari 2019.

Kakak beradik Alain dan Gerhard Wertheimer kini bersama-sama memiliki perusahaan yang didirikan oleh kakek mereka bersama sang pendiri, Gabrielle Coco Chanel. Kedua bersaudara ini menduduki peringkat ke-41 dalam daftar miliarder Forbes, dengan kekayaan bersih masing-masing USD31,6 miliar per 20 September 2023.

8. Cargill, Keluarga MacMillan

Perkiraan Kekayaan: USD65,2 miliar
Perusahaan: Cargill

Cargill adalah salah satu perusahaan agrikultur terbesar dan tersukses di dunia. Perusahaan ini dimulai oleh William W. Cargill yang mendirikan bisnis komoditas dengan sebuah gudang penyimpanan biji-bijian di Iowa pada tahun 1865.

Perusahaan ini dikendalikan oleh keturunan William W. Cargill dan menantunya, John H. MacMillan, yang merupakan dua nama keluarga dari perusahaan ini.

9. Keluarga Thomson

Harta Kekayaan: USD53,9 miliar
Perusahaan: Thomson Reuters

Keluarga Thomson memperoleh kekayaannya dari Thomson Reuters, perusahaan media. Keluarga ini memulai bisnisnya pada tahun 1930-an ketika Roy Thomson mendirikan sebuah stasiun radio di Ontario, Kanada, dan kemudian beralih ke surat kabar.

Cucu Roy Thomson, David Thomson, adalah ketua Thomson Reuters. Ia berada di urutan ke-22 dalam daftar miliarder Forbes dengan kekayaan bersih USD54,5 miliar per 20 September 2023.

10. Hoffmann, Keluarga Oeri

Harta Kekayaan: USD45,1 miliar
Perusahaan: Roche

Roche adalah sebuah perusahaan farmasi Swiss yang didirikan oleh Fritz Hoffmann-La Roche pada tahun 1896. Pendapatan perusahaan ini didorong oleh obat-obatan onkologi. Keturunan La Roche menguasai 9% saham perusahaan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)