Apartemen dengan Karakter Unik, Elektikal, dan Kontemporer

Rabu, 13 Desember 2017 - 21:36 WIB
Apartemen dengan Karakter Unik, Elektikal, dan Kontemporer
Apartemen dengan Karakter Unik, Elektikal, dan Kontemporer
A A A
JAKARTA - Perjalanan sejarah arsitek Indonesia tentunya terasa kurang lengkap jika melewatkan nama Hendra Hadiprana. Arsitek kawakan kelahiran 1929 ini, telah mengisi sejarah dunia arsitek dan interior Indonesia.

Seiring perjalanan waktu, Hadiprana telah memberikan warisan berarti bagi arsitektur di Tanah Air, terutama dalam hal ciri khas yang selalu memancarkan unsur kearifan lokal, kendati disajikan dalam gaya kontemporer.

Principal Design Hadiprana, William Patty mengungkapkan, sebagai generasi kedua Hadiprana, pihaknya telah diwariskan sejumlah strategi untuk bertahan dalam industri properti. Menurutnya, ada tiga strategi utama agar jasa konsultan arsitek tetap digemari dan dicari.

"Pertama, pola pendekatan kepada calon klien. Kedua, ciri khas karakter desain yang tetap terjaga. Terakhir, pembangunan karakter personal desain," jelas William di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

William mengatakan, secara profesional Hadiprana diorganisir dengan sistem yang mumpuni. Namun, pada saat bersamaan, melibatkan 'sentuhan pribadi' dalam setiap karya dengan memberikan aspek komposisi, proporsi dan harmoni. Dengan keunggulan tersebut, setiap karya Hadiprana begitu dinanti dan bahkan dijadikan show off ataupun tujuan investasi.

"Tidak sedikit klien yang dengan bangga memamerkan bahwa rumah atau proyeknya didesain oleh Hadiprana. Jadi, ada kebanggaan dan rasa nyaman yang dirasakan. Ada nilai tambah yang dirasakan dan sangat bermanfaat," tambahnya.

Nama besar Hadiprana menarik minat Synthesis Residence Kemang untuk menggunakan jasanya. Kepiawaian Hadiprana dengan kekuatan desain yang unik, ekletik, dan kontemporer sangat cocok dengan visi Synthesis Residence Kemang yang mengusung hunian berkelas namun tetap mempertahankan nilai kearifan lokal, sehingga layak dan mudah diterima pasar.

Bagi William, konsep hunian Synthesis Residence Kemang yang telah mendapatkan Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) Nomor 007/5.7/31/-1.711.534/2015 untuk membangun hunian bertingkat di kawasan Kemang ini, memang sangat cocok dengan karakter desain Hadiprana dengan unsur Indonesia yang sangat kuat.

"Hal itu tercermin dari konsep nama menara yakni Arjuna, Nakula dan Sadewa. Alhasil, kerja sama ini mempercayakan Hadiprana untuk mendesain lobi utama, ruang pertemuan, public toilet, dan marketing gallery. Hadiprana juga mendesain interior show unit dengan dua bedroom dan tiga bedroom," jelasnya.

Wiliam menilai, Synthesis Residence Kemang mempunyai cerita yang kuat dan nilai plusnya ada pada unsur Indonesia dan unsur art yang kuat. Ini merupakan point of interest yang dibawa dalam desain kontemporer.

"Berangkat dari nama Arjuna, Nakula, dan Sadewa, kami cari unsur dari mereka secara fisik dan non fisik, apa saja. Kalau fisik berkait dengan emblem yang mereka gunakan, seperti senjata, perlengkapan baju, kebudayaan saat itu, dengan menonjolkan karakter yang tegas. Dari sana, kami implementasikan di masing-masing lobi menara yang dibuat elegan, ada sisi vertikal yang diberi patern yang berbau Indonesia yang diformulasi kekinian. Di kamar, desainnya dibuat lebih rileks tetapi tetap ada sisi komersialnya. Di sana, kami hadirkan unsur kerajaan seperti aksesorisnya," papar William.

Secara umum, menurut William, konsep dan cerita Synthesis Residence Kemang sebagai apartemen strata title yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektare (ha) dengan total hunian 1.188 unit sangat menjual. Untungnya, konsep kultur dalam arsitek hunian sudah banyak ditinggalkan. Padahal jika dikemas sedemikian rupa memberi nuansa yang nyaman.

"Ini kelebihan Synthesis Development selaku developer dalam menghadirkan hunian berkelas. Ditambah lagi arsitek desain interior yang digawangi Hadiprana, yang juga dikenal spesialis desain hospitality dan hunian vertikal," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4253 seconds (0.1#10.140)