Ganjar Creasi Gelar Pelatihan Bikin Bubur California Bareng Petani

Senin, 04 Desember 2023 - 08:30 WIB
loading...
Ganjar Creasi Gelar...
Ganjar Creasi (G-Creasi) menggelar pelatihan membuat Bubur California bareng petani di Bojonegoro, Jawa Timur. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Creasi (G-Creasi) yang terdiri dari Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair), menggelar pelatihan membuat Bubur California.

Kegiatan yang diikuti para petani di Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur pada Minggu (3/12/2023) sore itu mendapatkan sambutan positif karena bisa menyelesaikan masalah pertanian.

"Bubur California itu sangat bermanfaat bagi orang-orang di sini, terutama di sini petani sangat mengurangi pupuk kimia yang saat ini sangat sulit dicari. Sedang langka di sini," kata salah seorang peserta, Alfiana Yanti dalam siaran persnya.



Selain mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat, para peserta juga bisa mengenal lebih dekat dengan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD melalui para sukarelawan G-Creasi.

Menurut Alfiana, pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga itu sangat mengerti kebutuhan rakyat khususnya para petani sehingga ia optimistis Ganjar-Mahfud bisa memajukan Negara Indonesia ke depannya.

"Menurut saya pak Ganjar itu the best. Sangat berwibawa terus pintar orangnya. Harapannya dengan terpilihnya Pak Ganjar (menjadi presiden 2024) untuk ke depannya bisa semakin maju khususnya untuk para petani," tuturnya.

Sementara, Koordinator Daerah G-Creasi Bojonegoro, Bagos Yogiono menjelaskan bubur California adalah obat untuk membasmi jamur dan hama perusak tanaman atau fungisida organik sekaligus alternatif pengganti obat berbahan kimia.

Bagos menyebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bubur California adalah bahan-bahan alami sehingga dinilai lebih baik dibandingkan dengan obat berbahan kimia.

"Masyarakat di sini mayoritas petani yang kebanyakan (menanam) di tanaman padi, bawang merah ataupun tembakau pun itu ada jamurnya. Jadi (bubur California) ini bisa dimanfaatkan," ujarnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)