Tips MotionTrade Membedakan Saham Biasa dan Saham Preferen

Selasa, 05 Desember 2023 - 17:46 WIB
loading...
Tips MotionTrade Membedakan Saham Biasa dan Saham Preferen
MotionTrade telah merangkum 4 perbedaan antara saham biasa dan saham preferen. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Saham merupakan bukti kepemilikan seorang investor terhadap suatu perusahaan. Selain saham biasa (common stock), ada jenis saham lainnya yaitu saham preferen (preferred stock). Saham preferen adalah jenis saham yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa.

Jenis saham yang biasanya banyak beredar di pasar modal umumnya adalah jenis saham biasa. Sebagai investor pemula, mungkin istilah saham preferen terdengar asing. Contoh saham preferen di Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki empat kode huruf atau ditambahkan “P” yang artinya preferen. MotionTrade telah merangkum 4 (empat) perbedaan antara saham biasa dan saham preferen yaitu:

1. Pembayaran Dividen
Poin penting yang membedakan antara saham biasa dengan saham preferen adalah pembayaran dividen. Pada saham preferen, para pemegang saham memiliki prioritas lebih tinggi dibandingkan dengan pemegang saham biasa. Investor memiliki hak klaim terhadap kekayaan perusahaan dan berhak didahulukan pada saat pembagian keuntungan perusahaan atau dividen. Jika seandainya perusahaan mengalami kerugian atau kesulitan keuangan, pemegang saham preferen tetap mendapatkan pembayaran dividen sesuai sudah ditentukan. Sedangkan investor saham biasa akan mengikuti kondisi perusahaan.

2. Hak Suara
Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), pengambilan keputusan akan mengutamakan suara dari pemegang umum atau investor saham biasa. Investor atau pemegang saham preferen hanya memberikan hak suara terbatas, dan tidak menentukan pengambilan keputusan besar seperti pemilihan direksi atau perubahan besar lainnya dalam perusahaan.

3. Konvertibilitas
Pemegang saham preferen memiliki tingkat konvertibilitas yang lebih tinggi sehingga dapat menukarkan sahamnya dengan saham biasa apabila sudah mendapatkan kesepakatan dengan perusahaan yang menerbitkan saham.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)