Perry Warjiyo Jadi Sosok Pembawa QRIS ke Pentas Global

Sabtu, 09 Desember 2023 - 21:15 WIB
loading...
A A A
Jumlah pengguna ponsel yang terus meningkat dan semakin kuatnya infrastruktur internet, diyakini juga menjadi alasan BI menghadirkan QRIS. Ponsel bisa dibawa ke mana saja sehingga penggunaan QRIS menjadi semakin leluasa.

Pada tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM). Penjual (merchant) akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran. Pada tahap awal QRIS juga hanya digunakan di dalam negeri.

BI pun terus mengembangkan QRIS, dan kini seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

BI pun memperluas penggunaan QRIS hingga ke mancanegara. Bekerja sama dengan empat bank sentral negara ASEAN, yakini Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT), penggunaan QRIS semakin meluas. Bahkan, perluasan QRIS bakal menjangkau negara di luar ASEAN, seperti Jepang dan Korea Selatan.

Dengan QRIS, transaksi antarnegara tidak perlu lagi mengkonversi atau menukarkan mata uang saat berbelanja di negara yang dikunjungi. Transaksi cukup dengan memindai kode QR. Jadi, pembayaran atas transaksi yang dilakukan wisatawan asing di Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QRIS merchant Indonesia dengan menggunakan aplikasi pembayaran negaranya.

BI juga terus melengkapi QRIS dengan fitur unggulan. Salah satu fitur terbaru yang ada di QRIS adalah QRIS TUNTAS. Fitur yang baru diluncurkan pada Agustus kemarin itu memungkinkan transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai.

Implementasi QRIS TUNTAS bagi penyedia jasa pembayaran yang telah siap untuk mengembangkan fitur itu dilakukan secepat-cepatnya pada 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023.



Berkat fitur dan kemudahan yang dihadirkan, penggunaan QRIS semakin masif. Bank Indonesia mencatat, sampai dengan Februari 2023, jumlah pedagang/merchant QRIS telah mencapai angka 24,9 juta dengan total jumlah pengguna QRIS sebanyak 30,87 juta. Nominal transaksi QRIS hingga Februari 2023 tercatat Rp12,28 triliun dengan volume transaksi sebanyak 121,8 juta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)