IKN Bukan Kota PNS, Begini Penjelasan Lengkap Badan Otorita

Senin, 11 Desember 2023 - 15:08 WIB
loading...
IKN Bukan Kota PNS, Begini Penjelasan Lengkap Badan Otorita
Badan Otorita menegaskan bahwa IKN bukan kota ASN, melainkan kota baru untuk pertumbuhan ekonomi ke depan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Badan Otorita IKN atau Ibu Kota Nusantara menegaskan, pembangunan IKN bukan hanya sekedar memindahkan pusat pemerintahan saja, namun sebagai instrumen pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya. Ditekankan juga bahwa pandangan soal pembangunan IKN hanya untuk menjadi tempat tinggal para PNS merupakan persepsi yang salah.



Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Badan Otorita IKN, Agung Wicaksono mengungkapkan, lewat pembangunan IKN ini juga bakal menumbuhkan perekonomian di wilayah sekitar IKN.

"Ini salah paham ya, mungkin dinilai fasilitas di IKN itu hanya untuk ASN. Padahal tidak, jadi IKN bukan kota ASN , IKN itu kota baru untuk pertumbuhan ekonomi ke depan," ujar Agung saat ditemui usai acara Work Shop Internasional Financial Center IKN di Jakarta, Senin (11/12/2023).



Menurutnya pembangunan kota ini diharapkan mampu untuk membangun sebuah ekositem dan akhirnya menciptakan pertumbuhan ekonomi baru. Dengan adanya pembangunan shoping mall, hotel, rumah sakit, nantinya bakal akan diisi juga oleh pekerja non PNS.

"Jelas IKN ini nanti pasti akan ada warga yang tinggal dan bekerja di sana. Bekerja di RS, hotel, shopping mall, kita juga akan siapkan fasilitas untuk itu. Jadi IKN bukan kota ASN, IKN itu kota baru untuk pertumbuhan ekonomi ke depan," kata Agung.

Menurutnya kaitan pembangunan kota baru dengan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari beberapa pengembangan kota baru di Indonesia, maupun negara yang sudah lebih dahulu memisahkan antara pusat perekonomian dengan pusat pemerintahan.

"Di Indonesia juga sudah banyak kota-kota baru dibangun, oleh swasta. Ini bedanya dibangun oleh negara, negara itu bukan hanya pemerintah, tapi dengan investor. Jadi itu satu, sesat berpikirnya," lanjutnya.

Sebelumnya Calon Presiden, Anies Baswedan menilai pembangunan IKN ini nantinya tidak bisa dinikmati oleh banyak pihak selain PNS yang pindah tugas ke ibu kota baru tersebut. Adapun infrastruktur maupun fasilitas yang dibangun dinilai memang sengaja untuk memenuhi kebutuhan para PNS yang bekerja disana.

"Karena kalau kita lihat manfaat untuk pembangun faskes akan dirasakan oleh seluruh rakyat. Tapi kalau di ini (IKN), akan dirasakan oleh aparat negara yang nanti bekerja untuk negara. Sementara yang perlu kita lakukan ialah negara bekerja untuk rakyat. Ini kan (IKN) fasilitas untuk penyelenggara negara, itu semua," kata Anies dalam acara CIFP 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (2/12).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3049 seconds (0.1#10.140)