Penutupan Wall Street, Saham BlackBerry Tumbang 12,7%

Jum'at, 22 Desember 2023 - 08:08 WIB
loading...
Penutupan Wall Street, Saham BlackBerry Tumbang 12,7%
Bursa saham AS atau Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Kamis (21/12/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bursa saham AS atau Wall Street ditutup lebih tinggi pada perdagangan Kamis (21/12/2023) waktu setempat, memulihkan sebagian besar kerugian hari sebelumnya. Hal itu karena data ekonomi memicu optimisme bahwa Federal Reserve akan melonggarkan kebijakan moneter dan menghidupkan kembali selera risiko investor.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 322,35 poin, atau 0,87%, menjadi 37.404,35, S&P 500 (.SPX) bertambah 48,4 poin, atau 1,03%, pada 4.746,75 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 185,92 poin, atau 1,26%, pada 14.963,87.

Ketiga saham utama AS membukukan kenaikan karena saham produsen chip melonjak, dipimpin oleh Micron Technology (MU.O) setelah perkiraan triwulanannya lebih baik dari perkiraan, menempatkan Nasdaq (.IXIC) yang sarat teknologi menjadi yang terdepan.



Reli mendapatkan momentum menjelang penutupan sesi, dengan S&P 500 (.SPX) dan Nasdaq melonjak lebih dari 1%. Data pada hari Kamis menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ketiga tidak sekuat yang dinyatakan semula, dan retakan muncul di pasar tenaga kerja yang ketat, yang oleh The Fed dianggap sebagai hambatan untuk menurunkan inflasi.

“Fakta bahwa angka PDB kuartal ketiga tidak direvisi naik, dan bahkan dipangkas, memberikan kenyamanan bagi investor bahwa jalur yang ditempuh The Fed, yang mereka umumkan minggu lalu, tidak akan berubah dalam waktu dekat. " kata Peter Tuz, presiden Chase Investment Counsel di Charlottesville, Virginia.

Saham-saham AS tiba-tiba merosot pada Rabu sore, menghentikan reli multi-sesi, akibat aksi jual yang mungkin dipercepat oleh aktivitas lindung nilai yang terkait dengan perdagangan opsi jangka pendek.

“Narasi investor kemarin adalah mengenai aksi ambil untung setelah reli liburan yang sangat panjang dan konsisten,” kata Greg Bassuk, kepala eksekutif AXS Investments di New York.

“Investor akan berhati-hati untuk membeli pada saat penurunan ini,” kata Bassuk, seraya menambahkan bahwa ia yakin saham-saham “akan mengakhiri tahun ini dengan kuat.”

Pasar keuangan memperkirakan kemungkinan sebesar 71,3% bahwa bank sentral AS akan menurunkan suku bunga target dana Fed sebesar 25 basis poin pada bulan Maret, menurut alat FedWatch CME. Pasar sedang menunggu laporan pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) Departemen Perdagangan yang akan dirilis pada hari Jumat, yang akan mencakup pertumbuhan pendapatan, belanja konsumen dan inflasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)