alexametrics

Ini Dia Trik Sederhana untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil

loading...
Ini Dia Trik Sederhana untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil
Ini Dia Trik Sederhana untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil/Arsitag for SINDONEWS
A+ A-
Apakah Anda bermimpi kamar tidur mungil Anda memiliki cukup ruang untuk menampung lebih dari sekedar satu tempat tidur? Atau kamar tidur Anda lebih mirip
kapal pecah? Jangan lewatkan artikel menarik dari Arsitag.com berikut ini!
Ini Dia Trik Sederhana untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil
Kamar tidur kecil (Sumber: Small Bedroom Design Ideas@Playmasters)

Menata kamar tidur berukuran kecil bisa menjadi pekerjaan yang rumit dan membutuhkan perhatian khusus. Kita sering berpikir bahwa ruang yang sempit itu tidak dapat menunjukkan kepribadian kita karena terlalu banyak barang akan “mengecilkan” maknanya secara visual. Sebaliknya, kamar yang mungil itu akhirnya justru menjadi tempat pembuangan perabot lama, kotak-kotak, atau rak pakaian.

Meskipun desain kamar tidur utama biasanya cukup besar untuk menampung tempat tidur ukuran besar, lemari, rak, dan bahkan perabot lainnya, kamar tidur yang lain mungkin cukup besar hanya untuk menampung satu tempat tidur dan pernak-pernik lainnya. Lalu Anda berpikir, bagaimana Anda dapat memanfaatkan setiap sudut ruangan, dan menyulap kamar tidur mungil Anda menjadi lebih bergaya dan fungsional? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mempercantik kamar tidur mungil Anda.

Meniru kamar hotel
Ini Dia Trik Sederhana untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil
Kamar tidur hotel mungil (Sumber: Small Bedroom Decorating@How to Furnish)



Banyak kamar hotel berukuran kecil, namun para tamu jarang memperhatikan ukurannya karena kamar itu dihias dengan cermat dan elegan. Mencontoh gaya hotel punya trik tersendiri. Permainan warna, headboard (panel yang dipasang di belakang kepala tempat tidur) yang didesain glamor, pilihan seprai yang mewah, dan beberapa bantal dapat juga menawarkan kemewahan yang sama dalam desain rumah Anda.

Mengimprovisasi desain headboard
Ini Dia Trik Sederhana untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil
Kamar tidur mungil bergaya (Sumber: Bed Dimensions Headboard Plans@For Houses)

Dalam ruang sempit ini, headboard bisa mengatasi penggunaan ruang terbatas tanpa mengganggu sisi dinding lainnya, menjadikan ruang ini terlihat lapang dan terbuka. Selain itu, menambahkan warna-warna cerah untuk kamar tidur yang didominasi warna putih akan menyuntikkan energi dan kehidupan tanpa menyelubungi segala sesuatu yang ada di dalamnya. Gunakan satu atau dua warna agar ruangan tidak terlalu ramai.

Jangan remehkan ukuran kamar tidur Anda
Ini Dia Trik Sederhana untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil
Kamar mungil dengan 2 ranjang (Sumber: Beautiful Dorm Room Decorating Ideas@Homegoid)

Bahkan kamar tamu kecil sering kali dapat menampung dua single bed, meskipun ukuran ruangnya yang sangat sempit. Ruangan yang cantik ini tidak berkompromi dengan gaya. Dengan tembok yang dicat hijau lumut, aksen pada bahan kain gorden dan seprai yang senada, hiasan dinding, dan lantai karpet menambah nilai estetikanya.

Lampu dinding merupakan solusi hemat ruang yang hebat, tetapi jika tidak ada pilihan lain, cobalah pilih lampu meja yang tidak terlalu banyak memakan ruang. Di kamar ini, dua meja kecil di samping tempat tidur memiliki banyak fungsi.

Buatlah aksen pada salah satu dinding
Ini Dia Trik Sederhana untuk Mengakali Kamar Tidur Mungil
Dinding abu-abu sebagai aksen (Sumber: Interior Gray Painted Bedroom@Milch House)

Mengecat semua dinding dengan warna yang sama dapat menimbulkan nuansa ‘kotak’ di sebuah ruangan yang sempit. Sebaliknya, buatlah titik fokus dengan menambahkan kertas dinding mewah, panel bertekstur atau, seperti di sini, permainan warna hitam, abu-abu, dan putih yang menarik. Di samping dinding putih, perpaduan warna yang cantik itu menciptakan ruangan yang terlihat lapang. Ruangan ini mungkin sempit, tetapi jauh dari bentuk kotak yang membosankan.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak