Pantas AS Geram, Teror Laut Merah Bisa Bikin Semua Harga Jadi Mahal

Selasa, 26 Desember 2023 - 08:39 WIB
loading...
A A A
Perusahaan pelayaran besar seperti MSC, Maersk dan Hapag-Lloyd, serta raksasa minyak Inggris BP, telah menanggapi serangan itu dengan mengalihkan kapal mereka ke rute alternatif.

Kargo yang dialihkan dari Terusan Suez biasanya melakukan perjalanan di sekitar ujung selatan Afrika. Pilihan tersebut memperpanjang waktu perjalanan sekitar 30%, diungkapkan oleh Jason Miller, seorang profesor manajemen rantai pasokan di Michigan State University.

"Waktu perjalanan yang meningkat telah menekan pasokan kapal, karena rute yang lebih panjang berarti lebih sedikit kapal yang tersedia untuk membawa barang pada waktu tertentu," kata Miller.

Kemacetan itu, tambahnya, telah mendorong kenaikan tarif jangka pendek yang dikenal sebagai harga spot, yang dinegosiasikan perusahaan untuk pengangkutan barang-barang mereka. "Kami akan mulai melihat harga spot itu meningkat sangat cepat," kata Miller.

Harganya telah mencapai setinggi USD10.000 untuk kapal kontainer 40 kaki, naik dari sekitar USD2.400 minggu lalu, berdasarkan laporan CNBC pada hari Kamis.

Gangguan ini diyakini memiliki implikasi signifikan bagi harga minyak, karena Terusan Suez adalah rute pengiriman penting untuk minyak mentah yang datang dari Timur Tengah, kata para ahli.

Harga minyak memainkan peran langsung dalam harga bensin dan faktor tidak langsung ke dalam biaya yang terkait dengan pengiriman barang. Harga minyak mentah Brent, yang menjadi metrik industri utama, telah naik sekitar 3% minggu ini.

Krisis di Laut Merah juga dapat meningkatkan harga untuk berbagai produk konsumen yang diimpor dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti India dan Vietnam, karena barang-barang itu melakukan perjalanan melalui Terusan Suez.

Produk unggulan yang diimpor ke AS (Amerika Serikat) dari India sepanjang tahun ini termasuk di antaranya panel surya, seprai, furnitur kayu, udang, dan madu, menurut data sensus AS.

"Ini bisa memicu efek domino yang pada akhirnya akan mendorong harga naik," ungkap profesor di UCLA Anderson School of Management, Christopher Tang yang berfokus pada rantai pasokan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)