Pantas AS Geram, Teror Laut Merah Bisa Bikin Semua Harga Jadi Mahal

Selasa, 26 Desember 2023 - 08:39 WIB
loading...
A A A
Namun, beberapa ahli mengungkapkan gangguan perdagangan tidak berpengaruh besar pada harga-harga di AS. Musim liburan dengan lalu lintas tinggi hampir berakhir, kata Miller, yang berarti produk-produk itu telah dikirim.

Plus, ia menambahkan, barang-barang impor hanya membentuk 11% dari belanja konsumen AS, mengutip data dari Federal Reserve San Francisco. "Ini bisa memiliki dampak, tapi sangat kecil," kata Miller.

Meski begitu, para ahli mengakui bahwa hasil konflik di Laut Merah masih belum jelas. Perang regional yang lebih luas dapat mengintensifkan efek potensial pada harga, sementara resolusi cepat terhadap serangan Houthi dapat mengurangi risiko inflasi.

"Masih terlalu dini untuk membuat prediksi tentang bagaimana ini terjadi. Ada begitu banyak ketidakpastian," kata Miller.

Sementara itu beberapa produsen sudah merasakan dampaknya dari teror Laut Merah. Salah satunya raksasa furnitur Swedia IKEA mengumumkan minggu ini bahwa mereka sedang menjajaki opsi untuk mengamankan ketersediaan produknya, terutama yang dikirim melalui Laut Merah dan Terusan Suez dari pabrik-pabrik Asia ke pasar Barat.

Awal pekan ini, group pelayaran asal Denmark, Maersk mengatakan, telah mengalihkan kapal-kapal mereka di sekitar Afrika melalui Tanjung Harapan karena meningkatnya risiko serangan, mengurangi kapasitas efektif perjalanan Asia-Eropa sebesar 25%.

Perusahaan transportasi Jerman, Hapag-Lloyd juga mengikutinya. Namun, pengiriman kapal di sekitar Afrika meningkatkan perjalanan pulang pergi hampir dua setengah minggu, yang pasti menurunkan kapasitas pengiriman dan meningkatkan biaya.

Terusan Suez adalah arteri dan transportasi vital yang menangani sekitar 15% aktivitas pengiriman dunia, termasuk hampir 30% perdagangan peti kemas global. Serangan baru-baru ini, yang terjadi di tengah perang Israel-Hamas, telah memicu darurat perdagangan dan pengiriman baru.

Hal ini mengingatkan pada insiden 2021 di mana salah satu kapal kontainer terbesar memblokir kanal selama enam hari, mengakibatkan kerugian per harinya mencapai USD9,6 miliar untuk perdagangan global.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)