Jelang IMF-World Bank Meeting 2018, Konferensi Internasional Digelar

Selasa, 27 Februari 2018 - 10:48 WIB
Jelang IMF-World Bank Meeting 2018, Konferensi Internasional Digelar
Jelang IMF-World Bank Meeting 2018, Konferensi Internasional Digelar
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia bersama Bank Indonesia (BI) dan International Monetary Fund (IMF) hari ini menggelar High Level International Conference bertajuk "New Growth Models in a Changing Global Landscape" di Jakarta. Perhelatan ini merupakan rangkaian acara jelang penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting yang akan diselenggarakan di Bali pada Oktober 2018 mendatang.

Dalam sambutannya, Gubernur BI Agus Martowardojo pun sempat menyinggung mengenai hal tersebut. Acara ini dihelat sebagai bagian dari perhelatan akbar IMF-World Bank Annual Meetings 2018 dan sebagai salah satu cara menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

"Konferensi ini merupakan bagian menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Konferensi ini menandai penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meetings pada 14 Oktober 2018 di Bali," katanya di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Mantan Bos Bank Mandiri ini juga sempat menyinggung mengenai reformasi struktural yang telah dijalani Indonesia. Dimana Indonesia telah mengalihkan subsidi dari yang bersifat konsumtif ke sektor yang lebih produktif.

"Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di Asia dan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Asia. Saat ini kita telah melakukan reformasi kebijakan, meluncurkan paket kebijakan ke-16. Indonesia juga telah mengubah subsidi dari konsumtif ke produktif," imbuh dia.

Dengan melakukan reformasi kebijakan, kata Agus, pertumbuhan ekonomi di Tanah Air mulai mengalami perbaikan. Pada tahun lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran 5,0% dan Indonesia mampu menjaga inflasi di level yang rendah.

"Pertumbuhan ekonomi pada 2017 di kisaran 5,0%, inflasi berada di kisaran 3,5% di 2017. Inflasi volatile food pada tahun 2017 adalah yang terendah selama empat tahun terakhir," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6241 seconds (0.1#10.140)