Mudahkan Masyarakat Memiliki Rumah, Ganjar-Mahfud Sebut Bakal Segampang DP Motor

Jum'at, 29 Desember 2023 - 14:08 WIB
loading...
Mudahkan Masyarakat Memiliki Rumah, Ganjar-Mahfud Sebut Bakal Segampang DP Motor
Pasangan Calon presiden dan Wakil presiden (Capres-Cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyoroti, ketersediaan hunian layak bagi masyarakat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon presiden dan Wakil presiden (Capres-Cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyoroti, ketersediaan hunian layak bagi masyarakat. Paslon nomor urut 3 itu memiliki program untuk memudahkan masyarakat agar dapat memiliki rumah , dimana bakal semudah membayar down payment (DP) motor.

"Programnya bernama Rumah Kita. Beli Rumah Semudah DP Motor ," kata Ganjar dalam keterangan tertulis dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Jumat (29/12/2023).



Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menegaskan, setiap orang mendambakan hunian layak. Berdasarkan data yang dimiliki, terdapat 15,9 juta keluarga yang belum memiliki rumah layak huni. Belum lagi keluarga-keluarga baru yang bertambah setiap tahun.

Pertumbuhan harga rumah sekitar 8% dari 2018. Sementara pertumbuhan pendapatan di bawah itu membuat kepemilikan rumah sebatas mimpi. Pasokan hunian baru masih terbatas, tidak sampai 1 juta unit per tahun.



Tantangan lain, syarat-syarat kredit pembiayaan juga sulit dipenuhi oleh sebagian besar rakyat, khususnya yang bekerja di sektor informal. Adapun 1 dari 4 masyarakat menilai administrasi perizinan serta DP masih menjadi kendala besar untuk mendapatkan rumah impian.

Pasangan Ganjar-Mahfud memiliki program 10 juta hunian impian, yakni pembangunan hunian baru atau renovasi seperti rumah sederhana, rusunami, rusunawa. Program tersebut bakal disertai ketersediaan lahan yang strategis dan terjangkau dari pusat perekonomian serta transportasi umum.

"Terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja sektor informal, buruh, dan anak muda, dengan skema pembiayaan yang mudah dan murah, di antaranya bantuan uang muka," kata Ganjar.

Ganjar menjabarkan, ada sejumlah skema pembiayaan yang bakal disiapkan. Salah satunya, bantuan uang muka berupa Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) dan (BP2BT). Pemerintah akan memberi bantuan DP hingga 30% untuk rumah khusus pertama dengan harga hunian hingga Rp200 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)