Petani Kakao Harus Berani Menjadi Agropreuneur

Jum'at, 09 Maret 2018 - 17:59 WIB
Petani Kakao Harus Berani Menjadi Agropreuneur
Petani Kakao Harus Berani Menjadi Agropreuneur
A A A
DENPASAR - Pemuda Tani Indonesia melakukan kunjungan dan pelatihan pada usaha kakao yang dimiliki Bapak Wayan yang juga guru besar Universitas Udayana Bali. Pelatihan dan kunjungan ini merupakan salah satu agenda acara ASEAN Youth Farmers yang di laksanakan Oleh Pemuda Tani Indonesia.

Diego Fierera, Pemuda Asal Brazil yang menjadi salah satu peserta pelatihan ASEAN Youth Camp mengatakan, petani kakao bali dan Indonesia harus menjadi wirausahawan seperti usaha cau yang dikelola oleh Wayan.

Ia juga menyampaikan harapan agar masyarakat tani bali khususnya kakao dapat termotivasi untuk berani melangkah menjadi agropreuneur kakao yang dapat melakukan pengolahan kakao menjadi berbagai jenis varian coklat. "Sehingga, dpaat meningkatkan pendapatan masyarakat tani bali khususnya dan Indonesia," katanya, Jumat (9/2/2018).

Harapan yang sama juga disampaikan oleh peserta perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT), Markus Leunupun yang berharap petani kakao bisa mengelola sendiri hasil pertaniannya agar bisa meningkatkan kesejahteraan. "Untuk itu diharapkan pemerintah lebih serius membantu petani untuk memajukan kakao dan kesejahteraan petani kakao Indonesia," ujarnya.

Acara ini sukses berkat kerja sama dan dukungan dari sponsor yaitu PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT PLN (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Pupuk Indonesia (Persero) Tbk, PT Jasa Raharja Persero dan Bank Indonesia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0384 seconds (0.1#10.140)