alexametrics

TUN Investasi Rp408 Miliar Bantu UMKM Manfaatkan Fintech

loading...
TUN Investasi Rp408 Miliar Bantu UMKM Manfaatkan Fintech
PT Tele Utama Nusantara menginvestasikan dana Rp408 miliar menggandeng 100.000 UMKM memanfaatkan fintech. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Perkembangan ekonomi digital di Indonesia kian pesat. Di sisi lain, masih banyak pelaku ekonomi di negeri ini yang berada di level UMKM dan kebanyakan mereka kesulitan mengakses ekonomi digital. Menjembatani ini, PT Tele Utama Nusantara--anak usaha PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk--akan membantu UMKM menjangkau ekonomi digital.

PT Tele Utama Nusantara (TUN) menawarkan TeleShop, yang merupakan layanan perbankan PPOB (payment point online to offline). Layanan ini akan mendigitalisasikan pelaku UMKM di Indonesia. Dengan ini, mereka bisa beralih rupa menjadi e-UMKM atau UMKM elektronik. Hal ini selaras pula dengan rencana TUN memperkuat bisnis financial technology pada tahun ini.

Direktur Utama PT Tele Utama Nusantara (TUN), Slamet Riyadi mengatakan setiap satu alat TeleShop senilai USD300. TeleShop akan menggandeng pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha secara cepat, efektif dan efisien melalui pemanfaatan ekonomi digital. "Satu TeleShop senilai USD300. Target kami menggandeng 100.000 pelaku UMKM," terangnya di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Slamet menjelaskan biaya tersebut, bila dikonversi ke rupiah, USD1 setara dengan Rp13.600, sehingga harga satu unit Teleshop setara Rp4,08 juta. Untuk 100.000 unit TeleShop setara dengan Rp408 miliar. Modal awal UMKM untuk menjadi mitra TeleShop cukup deposit senilai Rp250.000, pelaku UMKM bisa langsung mengecek saldo yang dimiliki.

Ke depan, TeleShop juga akan menyediakan modal pinjaman peer to peer lending, untuk meningkatkan modal bagi pelaku UMKM. Pelaku UMKM yang dimaksud adalah warung-warung kecil, pedagang voucher, minimarket yang stand alone, pedagang kaki lima dan koperasi.

Hingga saat ini, PT Tele Utama Nusantara telah memiliki 25.000 TeleShop yang telah bekerja sama dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Hingga akhir tahun ini, TUN juga memproyeksikan untuk memiliki 100.000 Sobate-UMKM.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak