alexametrics

Harga Cabai di Karawang Terus Alami Kenaikan

loading...
Harga Cabai di Karawang Terus Alami Kenaikan
Harga cabai di Karawang naik hingga 100% dalam tiga minggu. Foto/SINDOnews
A+ A-
KARAWANG - Harga komoditas cabai di sejumlah pasar di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, naik 100% dari harga normal. Kenaikan tajam ini disebabkan karena pasokan cabai terus menyusut sementara permintaan tinggi. Para pedagang pasar terpaksa menaikan harga karena kenaikan sudah terjadi di tingkat pemasok Pasar Induk Cikopo.

Dari hasil pemantauan, kenaikan harga cabai di Pasar Baru Karawang, Pasar Johar, Pasar Rengasdengklok dan Pasar Cikampek mulai terjadi tiga minggu lalu. Kenaikan terjadi secara bertahap hingga akhirnya mulai dikeluhkan masyarakat.

Seperti harga cabai merah besar, naik menjadi Rp44 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp18 ribu/kg, harga cabai merah keriting naik Rp44 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp22 ribu/kg. Kenaikan paling tinggi untuk cabai rawit merah yang mencapai Rp55 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp20 ribu/kg.

Pedagang sayuran di pasar Baru Karawang, Hasan Basri (61) mengatakan kenaikan mulai dirasakan pedagang pasar sejak tiga minggu lalu. Meski harga naik namun para pedagang pasar mengaku malah khawatir karena bisa mengurangi keuntungan.

"Harga naik sudah dari pemasoknya, kita hanya mengikuti saja bukan malah menambah untung. Pasokan sedikit juga bisa mengurangi keuntungan kita. Makanya kita pedagang khawatir kalau harga terus naik artinya pasokan tambah menurun," kata Hasan, Selasa (13/3/2018).

Menurut Hasan, pasokan cabai menurun karena banyak petani yang mengalami gagal panen hingga produksi berkurang. Sementara itu meski mengalami kenaikan namun permintaan terhadap cabai tetap tinggi.

"Jika pasokan berkurang harga cabai akan tembus di atas 80 ribu/kg, namun itu tidak menguntungkan buat pedagang. Kami berharap harga kembali bisa normal dan pemerintah harus bisa mengatasinya," katanya.

Hasan mengaku pasokan kepada pedagang pasar setiap hari terus menyusut dari rata-rata 100/kg per hari, sekarang sudah turun menjadi 75/kg per harinya. Jika pasokan terus menyusut maka harga cabai tidak bisa terkendali.

"Sebelum terjadi gejolak, sebaiknya pemerintah segera turun tangan karena kita sudah prediksi kenaikan harga cabai akan terus terjadi," katanya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak