Solusi Xi Jinping untuk Ekonomi China Berisiko Picu Perang Dagang Baru

Senin, 08 Januari 2024 - 14:42 WIB
loading...
Solusi Xi Jinping untuk Ekonomi China Berisiko Picu Perang Dagang Baru
Presiden China Xi Jinping. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Seiring dengan menurunnya sektor properti di China, Presiden Xi Jinpin g perlu membentuk kembali model ekonomi untuk mendorong pertumbuhan dalam satu dekade ke depan. Solusi pemerintahnya berisiko memicu gelombang perang dagang baru sehingga menciptakan ketegangan di seluruh dunia.

Para pemimpin China menggelontorkan dana ke sektor manufaktur karena aktivitas yang berhubungan dengan properti, yang pernah mendorong sekitar seperlima dari ekspansi ekonomi, berubah menjadi penghambat pertumbuhan pada 2022.

Bagian dari fokus tersebut adalah apa yang mereka sebut sebagai tiga pendorong pertumbuhan baru yaitu kendaraan listrik (EV), baterai, dan energi terbarukan, yang membantu dorongan dekarbonisasi dunia dan mendorong permintaan untuk komoditas seperti tembaga dan litium.



Sejauh ini, strategi ini membantu China menghindari resesi yang melanda Jepang pada tahun 1990-an dan Amerika Serikat pada tahun 2008 ketika pasar perumahan mereka hancur. Perekonomian terbesar kedua di dunia ini sekarang tumbuh sekitar 5% per tahun. Namun, hal ini juga memicu ketidakseimbangan yang memicu ketegangan perdagangan global baru antara China dan negara-negara maju, serta negara-negara berkembang yang sedang berusaha mencapai anak tangga yang lebih rendah dari tangga industrialisasi.

Dilansir The Straits Times, AS dan Uni Eropa baru-baru ini telah meningkatkan peringatan atas kelebihan kapasitas China. Eropa memulai serangkaian investigasi perdagangan, yang membuat China pekan lalu meluncurkan penyelidikan anti-dumping terhadap produk minuman keras Uni Eropa seperti brendi sebuah langkah yang oleh para analis dilihat sebagai target bagi Prancis, pendukung utama tindakan blok tersebut terhadap subsidi kendaraan listrik China.

Presiden AS Joe Biden juga telah memperketat langkah-langkah untuk menolak teknologi canggih China, dan pemilihan presiden pada tahun 2024 yang kemungkinan besar akan menampilkan Donald Trump bisa membuat kebijakan proteksionis semakin meningkat.

Negara-negara berkembang juga terkena dampaknya. Meskipun strategi China dapat menurunkan biaya barang modal, upayanya untuk mempertahankan industri kelas bawah mempersempit ruang gerak negara-negara seperti Vietnam dan Indonesia yang seharusnya mendapatkan keuntungan dari langkah China untuk meningkatkan rantai nilai. Negara-negara lain yang ingin menarik industri yang lebih canggih, termasuk Turki dan India, meningkatkan proteksionisme yang ditujukan kepada China.



Fokus manufaktur Xi didorong oleh perpaduan antara tujuan-tujuan ekonomi, keamanan, dan stabilitas sosial. Para penasihat kebijakan China dan ekonom yang terkait dengan pemerintah mengatakan bahwa hal ini termasuk keinginan untuk menghindari masalah seperti melebarnya ketimpangan pendapatan dan meningkatnya populisme yang muncul di AS setelah kehilangan pekerjaan manufaktur ke China.

Pembatasan AS terhadap chip kelas atas juga telah mendorong China untuk melipatgandakan upaya untuk mencapai swasembada teknologi mutakhir sebagai prioritas keamanan nasional yang mendesak.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)