Diterpa Gejolak AS-China, Dirut BEI Pede Pasar Saham Masih Bagus

Selasa, 10 April 2018 - 12:17 WIB
Diterpa Gejolak AS-China, Dirut BEI Pede Pasar Saham Masih Bagus
Diterpa Gejolak AS-China, Dirut BEI Pede Pasar Saham Masih Bagus
A A A
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, kondisi pasar saham Indonesia masih dalam kondisi bagus meski ada terpaan dari perekonomian global yakni gejolak antara Amerika Serikat (AS) dan China. Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, persepsi yang muncul di benak investor ketika mendengar adanya gejolak global menjadi sebuah ketidakpastian.

"Buat saya prinsipnya ketidakpastian yang menakutkan. Indeks itu dari fungsi ekonomi, emiten dan persepsi yang plus minus, ada case Trump turun lagi," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Lebih detil lagi, Tito menyampaikan, persepsi takut itu muncul akibat beberapa negara besar mulai menerapkan kebijakan proteksionisme perdagangan. "Yang menakutkan proteksionis, kalau global terganggu dengan kebijakan tiga negara besar. Balik lagi ke kondisi fundamental, pertumbuhan emiten kita di atas 20%, produk kita masih bagus," katanya.

Menurut Tito, ada langkah tersendiri bagi BEI untuk membuat persepsi investor menjadi lebih jelas dengan memberikan informasi terkait kondisi terkini dari perekonomian domestik dan global.

"Antisipasi, informasi kita bagikan, gimana gejolak di dunia harus tahu. Informasi ekonomi stabil, emiten bagus dan plus minus (persepsi) kita enggak pernah tahu," pungkasnya.

Sebelumnya, pasar saham Asia ditutup bervariasi ketika Presiden AS Donald Trump mengancam menerapkan tarif baru kepada China. Indeks saham MSCI di Asia Pasifik kecuali Jepang bergerak mendatar hingga perdagangan sore.

Trump mengatakan kepada pejabat perdagangan AS untuk mempertimbangkan tarif ekstra terhadap China senilai USD100 milar. Presiden menambahkan langkah ini sangat tepat untuk menjadi pembalasan atas China, meskipun pihak AS mengaku masih membuka pintu untuk bernegosiasi.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5732 seconds (0.1#10.140)