Solusi Mahalnya Harga Pakan, Ganjar: Fasilitasi Peternak Produksi Pakan Sendiri

Jum'at, 19 Januari 2024 - 14:51 WIB
loading...
Solusi Mahalnya Harga Pakan, Ganjar: Fasilitasi Peternak Produksi Pakan Sendiri
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo siap memfasilitasi peternak ayam untuk memproduksi sendiri pakan ternaknya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo memiliki solusi untuk menekan harga pakan yang selama ini menjadi beban ekonomi bagi para peternak ayam. Ganjar mengatakan, pemerintah perlu memberikan alokasi khusus untuk memfasilitasi para peternak ayam agar dapat memproduksi sendiri pakan ternak.

Hal itu disampaikannya saat menemui komunitas peternak ayam di Desa Kuwonharjo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada Jumat (19/1/2024). Solusi tersebut merupakan respons Ganjar saat mendengar keluhan para peternak ihwal tingginya harga jagung di pasaran yang menjadi bahan utama pakan ternak ayam.



"Ada keluhan dari peternak harga jagung yang naiknya cukup tinggi dan itu cukup berat. Rasa-rasanya peternak perlu dibantu," ujar Ganjar di lokasi.

Ganjar pun menampung aspirasi peternak ayam soal pakan ternak. Capres berambut putih itu berjanji bakal memberikan bantuan dan fasilitas untuk peternak agar bisa membuat pakan ternaknya sendiri. Dia berharap, para peternak ayam kelak bisa membuat pakan sendiri sehingga tidak lagi terbebani harga pakan yang tinggi.



"Padahal mereka dengan dikasih jagung saja dia sudah punya kemampuan untuk bisa membuat pakan ternak ayamnya sendiri. Itu hanya butuh jagung, katul, konsentrat dan dia bisa membuat sendiri," jelas Ganjar.

Ganjar menambahkan, butuh dukungan serius pula agar ke depan harga jagung sebagai bahan utama pakan ternak unggas dapat stabil. Jika harga jagung stabil dan ketersediaannya terjamin, Ganjar yakin persoalan pakan ternak ayam bisa ditangani.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)