Buah-buahan Juga Bisa Begitu Manis Bagi Devisa Negara

Selasa, 11 Agustus 2020 - 23:20 WIB
loading...
Buah-buahan Juga Bisa Begitu Manis Bagi Devisa Negara
Komoditas hortikultura, khususnya buah-buahan memiliki potensi besar menambah pundi-pundi devisa negara dan menjadi andalan untuk dipasarkan di masa pandemi Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Buah-buahan mampu menjadi komoditas andalan dalam menambah devisa negara di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dalam peluncuran “GelarBuah Nusantara” ke-5 dengan tema “Gerakan Konsumsi Buah Nusantara”.

“Komoditas hortikultura, khususnya buah-buahan memiliki potensi besar menambah pundi-pundi devisa negara dan menjadi andalan untuk dipasarkan di masa pandemi Covid-19,” ujar Mendag dalam keterangan resminya, Selasa (11/8/2020).

(Baca Juga: Mendag Optimis Resesi Singapura Tak Berdampak Signifikan pada Perdagangan )

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekspor buah Indonesia periode Januari-Juni 2020 tumbuh sebesar 23,21%, dengan nilai total mencapai USD 430,4 juta. Jenis buah yang menyumbang ekspor terbesar antara lain mangga, kacang-kacangan, dan nanas.

Sedangkan, negara tujuan ekspor buah Indonesia antara lain Thailand, Vietnam, Malaysia, Tiongkok, dan India. Mendag menambahkan, salah satu buah tropis Indonesia yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan adalah buah naga.

Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekspor buah naga menjadi salah satu yang terbesar pada periode Januari—Maret 2020 yaitu 234,35%. “Buah naga mempunyai potensi yang dapat terus dikembangkan mengalahkan Vietnam karena buah naga Indonesia dapat dipanen sepanjang tahun. Hal ini disebabkan letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa,” jelasnya.

(Baca Juga: Jos Gandos! Ekspor Kopi Tetap Wangi di Tengah Pandemi )

Peluncuran “Gelar Buah Nusantara” ini selaras dengan Gerakan Nasional “Bangga Buatan Indonesia” yang telah dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 14 Mei 2020. Tujuannya untuk menyelamatkan perekonomian dan masyarakat Indonesia keluar dari masa sulit.

“Saya berharap, kita bersama-sama saling mendukung gerakan konsumsi buah nusantara untuk menjaga optimisme di tengah kondisi pelemahan ekonomi akibat Covid-19 ini. Ayo kita beli buah nusantara!,” pungkas Mendag.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3025 seconds (0.1#10.140)