Bank Terbesar Jerman Bakal PHK 3.5000 Karyawan dalam Dua Tahun

Jum'at, 02 Februari 2024 - 14:47 WIB
loading...
Bank Terbesar Jerman Bakal PHK 3.5000 Karyawan dalam Dua Tahun
Bank terbesar Jerman, Deutsche Bank berencana melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) terhadap 3.500 karyawan di seluruh dunia hingga akhir tahun depan. Foto/Dok
A A A
BERLIN - Bank terbesar Jerman , Deutsche Bank berencana melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) terhadap 3.500 karyawan di seluruh dunia hingga akhir tahun depan. Deutsche Bank diperkirakan mempekerjakan sekitar 7.000 karyawan di Inggris, yang sebagian besar tersebar di London dan Birmingham.



Sementara itu secara total, Deutsche Bank mempekerjakan 90.000 staf di seluruh dunia, dan baru-baru ini memperluas bisnisnya di Inggris dengan mengakuisisi Numis, salah satu bank investasi terkemuka di Inggris.

Chief executive Christian Sewing, yang mengambil alih pada tahun 2018, ditugaskan untuk membalikkan keadaan dengan memperkuat divisi ritelnya. Pengurangan pegawai dipilih ketika bank bank berusaha meyakinkan investor dengan cara merampingkan bisnisnya.



Pihak perusahaan mengaku telah mencetak kemajuan menuju target. Namun, mereka masih harus melakukan penghematan sebesar 1,6 miliar euro atau sekitar Rp27,28 triliun. Beberapa di antara penghematan itu dilakukan dengan perampingan serta otomatisasi.

Bank biasanya menjadi mediator dalam transaksi keuangan besar, untuk mendapatkan biaya besar dari mereka.Penurunan aktivitas kesepakatan telah mendorong banyak perusahaan, termasuk beberapa di Kota London dan Wall Street, untuk mengurangi jumlah karyawan mereka.

Deutsche Bank menjadi perusahaan terbaru dari serangkaian pemberi pinjaman yang mengumumkan PHK dalam beberapa bulan terakhir. Selain Deutsche Bank, ada juga beberapa bank lain yang juga ingin mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan.

Citibank mengatakan pada awal Januari bahwa mereka akan melakukan PHK terhadap 20 ribu karyawan selama dua tahun ke depan demi menghemat USD2,5 miliar dalam jangka panjang.

Ada juga UBS yang melaporkan akan melakukan pengurangan 3.000 karyawan di Swiss seiring dengan akuisisi Credit Suisse, dan akan ada lebih banyak pemangkasan di tempat lain. Sementara di Inggris, Barclays, Lloyds dan Metro Bank telah mengumumkan PHK pada November silam.

Bahkan Barclays – salah satu pemberi pinjaman terbesar di Inggris – memangkas 5.000 pekerjaan di seluruh dunia tahun lalu, dan akan memperbarui akhir bulan ini, dengan kemungkinan ada pemangkasan lebih lanjut.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)