MT Gamsunoro Lolos dari Laut Merah, Pertamina Beberkan Kuncinya

Minggu, 04 Februari 2024 - 10:00 WIB
loading...
MT Gamsunoro Lolos dari Laut Merah, Pertamina Beberkan Kuncinya
Kapal MT Gamsunoro milik PT Pertamina International Shipping (PIS). FOTO/Ist/Dok. PIS
A A A
JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) melaporkan, kapal MT Gamsunoro telah menyelesaikan proses loading di pelabuhan Rabigh, Arab Saudi. Kini kapal tanker milik anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut beranjak meninggalkan area Laut Merah untuk melanjutkan pelayaran menuju Terusan Suez.

Ramai diberitakan sebelumnya, kapal MT Gamsunoro sukses melalui Laut Merah yang kondisinya tengah mencekam akibat blokade yang dilakukan kelompok Houthi Yaman. Kelompok tersebut menyerang kapal tanker dan kapal pengangkut lainnya yang diduga terafiliasi dengan kepentingan Israel dan Amerika.



"Saat ini kapal sudah kembali berlayar menuju terusan Suez untuk selanjutnya ke perairan Amerika. Alhamdulillah, seluruh kru dan kondisi kapal dalam keadaan selamat dan aman," ungkap Direktur Crude and Petrolium Tanker PIS Brilian Perdana, dikutip Minggu (4/2/2024).

Brilian menjelaskan kapal MT Gamsunoro yang sempat banyak diberitakan karena lolos berlayar di laut merah adalah kapal milik PIS. Kapal yang dibangun pada tahun 2010 ini dioperasikan untuk mengangkut dan mendistribusikan minyak mentah, berbendera Indonesia, dan juga diawaki oleh kru-kru Indonesia.

Terkait kelancaran pelayaran kapal MT Gamsunoro, Brilian membeberkan kuncinya. Menurut dia, tim PIS terus melakukan monitoring ketat serta koordinasi dengan pihak-pihak yang berkepntingan di area Laut Merah sejak wilayah itu memanas, dan juga terus memantau perkembangan situasi.



"Kami juga berkoordinasi erat dengan otoritas terkait di masing-masing wilayah, agar kapal Gamsunoro bisa berlayar dan beroperasi dengan aman dan lancar," jelasnya. PIS, kata Brilian, juga intens berkoordinasi dengan Singapore Maritime & Port Authority, Atase Pertahanan Kedutaan Besar UAE, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut - Kementerian Perhubungan Indonesia, dan lainnya.

"PIS juga menyampaikan rasa terima kasih atas segala dukungan dan doa yang diberikan oleh para pekerja, keluarga, dan masyarakat Indonesia selama periode ini, sehingga MT Gamsunoro dapat berlayar dengan aman," tambahnya.

Kapal MT Gamsunoro merupakan salah satu dari 61 kapal milik PIS yang berlayar di rute internasional. Di tahun 2023, PIS tercatat telah berlayar di 5 benua dengan jumlah 50 rute internasional.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)