Bukan Dolar AS, Berikut Daftar 10 Mata Uang Terkuat di Dunia pada 2024

Senin, 05 Februari 2024 - 17:11 WIB
loading...
Bukan Dolar AS, Berikut Daftar 10 Mata Uang Terkuat di Dunia pada 2024
Berikut adalah 10 mata uang terkuat di dunia, berdasarkan nilai relatifnya terhadap dolar AS. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dolar Amerika Serikat atau USD umumnya dipandang sebagai mata uang paling kuat di dunia dan tentu saja sebagai yang paling banyak diperdagangkan di panggung global dengan beberapa margin. Namun yang mengejutkan, greenback bukanlah yang terkuat dari 180 mata uang yang diakui sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh dunia.



Berikut adalah 10 mata uang terkuat di dunia, berdasarkan nilai relatifnya terhadap dolar AS . Penentuan sebagai mata uang terkuat dipengaruhi beberapa hal, mulai dari aliran modal, suku bunga, inflasi, dan jumlah uang yang beredar.

Jika inflasi rendah, maka nilai mata uang akan semakin meningkat. Mata uang selalu dihargai relatif terhadap mata uang lain, yang dikenal sebagai 'nilai tukar'.



Sebagian besar mata uang "mengambang", yang berarti nilainya berfluktuasi tergantung pada permintaan dan penawaran. Namun, beberapa mata uang dipatok, yang berarti nilainya relatif terhadap mata uang lain (seperti dolar AS) ditetapkan pada tingkat yang disepakati.

Analisa mata uang terkuat, didasarkan pada jumlah unit mata uang asing yang diterima dengan imbalan satu dolar AS. Nilai tukar bersumber dari data Open Exchange. Ini daftar10 mata uang terkuat di dunia:

1. Dinar Kuwait (KWD)


Dinar Kuwait adalah mata uang terkuat di dunia dengan 1 dinar Kuwait sama dengan USD3.25. Kuwait menjadi negara eksportir minyak bumi terbesar di dunia, dengan salah satu sumber utama ekonomi dari Kuwait berasal dari gas.

Kuwait terletak di antara Arab Saudi dan Irak, Dinar Kuwait diperkenalkan pada 1960-an dan pada awalnya dipatok ke pound Inggris sebelum dipatok kembali ke beberapa mata uang yang dirahasiakan.

2. Dinar Bahrain (BHD)


Dinar Bahrain adalah mata uang terkuat kedua di dunia dengan 1 dinar Bahrain setara dengan USD2.65. Minyak bumi menjadi sumber ekonomi Bahrain yang merupakan negara kepulauan di Teluk Persia di lepas pantai Arab Saudi.

Seperti Kuwait, negara ini mendapatkan banyak kekayaannya dari ekspor minyak dan gas. Dinar Bahrain mulai beredar pada tahun 1965 dan dipatok terhadap dolar AS.

3. Rial Oman (OMR)


Rial Oman adalah mata uang terkuat ketiga di dunia dengan 1 rial Oman setara dengan USD2.60 dolar AS (atau USD1 sama dengan 0,38 rial Oman). Oman terletak di antara Uni Emirat Arab dan Yaman di ujung semenanjung Arab. Seperti tetangga kaya lainnya, Oman adalah pengekspor utama minyak dan gas.

Rial Oman diperkenalkan pada 1970-an dan dipatok terhadap dolar AS. Meskipun cadangan minyaknya sedikit, Oman menjadi negara pengekspor minyak sebab lokasinya yang berada di Teluk Persia sehingga volume minyaknya dapat dikendalikan.

4. Dinar Yordania (JOD)


Posisi selanjutnya ada Dinar Yordania yang merupakan mata uang terkuat keempat di dunia dengan 1 dinar Yordania setara dengan USD1.41.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)