Mata Uang di Dunia yang Menggunakan Nama Dolar, Negara Mana Saja?

Selasa, 06 Februari 2024 - 16:09 WIB
loading...
Mata Uang di Dunia yang Menggunakan Nama Dolar, Negara Mana Saja?
Mata uang di dunia yang menggunakan nama Dolar. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mendengar istilah Dolar , sebagian besar orang tentu akan langsung merujuk kepada nama mata uang. Satu negara yang paling identik dengan mata uang dolar ini adalah Amerika Serikat (AS).

Pada perkembangannya, uang telah menjadi alat pembayaran yang sah di berbagai negara dunia. Meski belum semuanya, sebagian di antaranya sudah memiliki mata uangnya masing-masing. Selain itu, ternyata ada sejumlah negara di dunia yang menggunakan nama mata uang yang mirip dengan negara lain. Salah satu yang paling banyak adalah Dolar.

Mata Uang yang Memakai Nama Dolar

Bicara tentang Dolar, satu negara yang identik dengan mata uang ini adalah Amerika Serikat. Nama mata uangnya biasa dikenal sebagai Dolar Amerika Serikat atau Dolar AS. Dolar AS memiliki kode USD. Selain itu, penyebutannya juga biasa disingkat US$.



Saat ini, Dolar Amerika Serikat menjadi salah satu mata uang terkuat di dunia. Selain Amerika Serikat sendiri, tercatat ada deretan negara lain yang juga diketahui menggunakan Dolar AS. Beberapa di antaranya bahkan menjadikannya sebagai mata uang resmi negara.

Selain Dolar AS (USD), ternyata ada mata uang lain yang juga memakai nama Dolar. Contohnya adalah Dolar Singapura (SGD) yang menjadi mata uang resmi Singapura dalam penggunaan sehari-hari.



Kemudian, ada juga nama mata uang lain seperti Dolar Kanada (CAD), Dolar Australia (AUD), Dolar Brunei (BND), dan masih banyak lainnya. Berikut ini daftar negara yang menggunakan nama ‘dolar’ pada mata uangnya.

1. Amerika Serikat - Dolar AS (USD)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)