Begini Cara Pekerja Anjungan Lepas Pantai PHE Nyoblos di Pemilu 2024

Rabu, 14 Februari 2024 - 15:36 WIB
loading...
Begini Cara Pekerja Anjungan Lepas Pantai PHE Nyoblos di Pemilu 2024
Pekerja Pertamina Hulu Energi (PHE) melaksanakan pemungutan suara di anjungan lepas pantai yang dioperasikan perusahaan. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Bertanggung jawab terhadap produksi migas yang sangat penting bagi kebutuhan energi nasional, sebagian para pekerja PT Pertamina Hulu Energi (PHE), harus rela merayakan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di tempatnya bertugas.

Termasuk, mereka yang bekerja di fasilitas-fasilitas operasi platform lepas pantai yang dioperasikan Subholding Upstream Pertamina tersebut. PHE memastikan para pekerja dapat menjalankan hak konstitusionalnya, sekaligus memastikan seluruh kegiatan operasional tetap berjalan dengan lancar selama Pemilu berlangsung.

Corporate Secretary PHE Arya Dwi Paramita mengatakan, pada lokasi lepas pantai, PHE bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan fasilitas pemilihan umum di fasilitas operasi lepas pantai. Antara lain, melalui PHE Onshore North West Java (PHE ONWJ). Pada pemilu kali ini, terdapat 438 surat suara yang disalurkan.



Selain PHE ONWJ, PHE Offshore South East Sumatra (OSES) yang juga memiliki wilayah kerja lepas pantai, melaksanakan Pemilu bagi seluruh pekerjanya yang berada di North area Business Unit (NBU), Central Business Unit (CBU) dan Pulau Pabelokan.

Untuk beberapa wilayah operasi lepas pantai yang tidak terdapat TPS khusus, PHE mengatur jadwal dan transportasi bagi para pekerja untuk mendatangi TPS terdekat guna menyalurkan hak konstitusionalnya. Selepas mencoblos, para pekerja tersebut kembali melaksanakan tugasnya.



Arya menambahkan, tidak hanya di wilayah kerja domestik, PHE juga memastikan pekerja WNI yang berada di wilayah operasi mancanegara, seperti di Algeria, juga dapat melaksanakan hak pilihnya. Arya menegaskan, Pemilu merupakan hak seluruh warga negara Indonesia yang berlangsung setiap lima tahun sekali.

"Dalam kesempatan ini seluruh warga negara Indonesia berhak berpartisipasi untuk memilih wakil rakyat dan pemimpin negara, termasuk pekerja Pertamina yang sedang bertugas di seluruh wilayah operasi," jelasnya, Rabu (14/2/2024).

Arya menerangkan, seluruh rangkaian kegiatan Pemilu di area lepas pantai berjalan dengan lancar berkat dukungan dari pemangku kepentingan terkait. Surat suara yang telah diproses selanjutnya akan dikirim sesuai dengan aturan KPU yang berlaku.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)