Harumnya Bisnis Kopi Semende Cap Bukit Asam, UMK Binaan MIND ID

Kamis, 15 Februari 2024 - 15:54 WIB
loading...
A A A
Adapun PT Aneka Tambang Tbk (Antam) bersama masyarakat telah mengembangkan kopi robusta menjadi kopi buli sejak 2017. Kopi yang juga dikenal dengan nama kopi Halmahera ini pengembangannya dikelola oleh Rumah Produksi Kopi, Koperasi Permata Buli.

Selain kopi buli, PT Antam Tbk juga mengoptimalkan produktivitas kopi dan kakao bersama petani di Kolaka dengan membuat kebun edukasi dan pelatihan. Program Kebun Edukasi Kopi dan Kakao untuk Keberlanjutan Petani Sopura (SIPATUO) telah dilaksanakan sejak 2021.

Tak ketinggalan, Grup MIND ID PT Freeport Indonesia (PTFI) berhasil membina UMKM makanan Rumah Kopi Amungme Gold. Mitra binaan PTFI yang telah diresmikan pada 14 Maret 2022 ini menghadirkan kopi amungme dari produksi masyarakat lokal di daerah dataran tinggi Mimika dengan cita rasa khas Papua.

Rumah Kopi Amungme Gold berlokasi di Jalan Malaria Kontrol (Malkon), tepatnya di belakang RS Chandra, Jalan Budi Utomo Timika. Program yang sudah didampingi PTFI sejak 1998 ini sudah mulai memproduksi kopi dalam skala kecil pada 2005.

Kini, Kopi Amungme Gold menjadi salah satu komoditi unggulan di Kabupaten Mimika. Kopi ini juga sudah dikenal hingga di luar Papua, bahkan dunia.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)