Permudah Produk RI Masuk ke Arab Saudi, KJRI Jeddah dan SFDA Sinergi

Selasa, 24 Juli 2018 - 23:08 WIB
Permudah Produk RI Masuk ke Arab Saudi, KJRI Jeddah dan SFDA Sinergi
Permudah Produk RI Masuk ke Arab Saudi, KJRI Jeddah dan SFDA Sinergi
A A A
MADINAH - Konsul Jenderal (Konjen) RI. Mohamad Hery Saripudin, didampingi Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah melakukan pembicaraan dengan Mosa Suliman Alfaidi, Direktur Departmen Makanan Kemasan Saudi Food and Drug Authority (SFDA), Minggu (22/7) malam di Restoran Indonesia “Kuwais”, Madinah. Pertemuan ini dimaksukan untuk meningkatkan kerja sama antara SFDA dengan Pemerintah Indonesia agar produk-produk Indonesia dipermudah masuk pasar Arab Saudi.

Kepada Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah, Mosa menyampaikan bahwa SFDA sangat terbuka dan siap bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) agar peredaran produk Indonesia di pasar Saudi Arab Saudi semakin luas. "Ini tidak terbatas pada makanan dan minuman saja, tapi meluas ke produk farmasi, obat obatan dan kosmetika," ujarnya lewat keterangan tertulis di Jakarta.

Konjen sangat menyambut baik sinyal positif ini. Untuk itu, Dia mengintruksikan Tim Ekonomi dan Perdagangan agar menindaklanjuti dengan mempertemukan para pengusaha Indonesia dengan SFDA. Tujuannya, agar pengusaha Indonesia memperoleh informasi yang jelas mengenai prosedur dan mekanisme registrasi produk Indonesia di SFDA yang dilakukan secara online.

Pihak SFDA mengharapkan agar ke depan terjalin kerja sama yang baik antara badan pengawas kedua negara. Pihak FDA Arab Saudi juga menyampaikan bahwa SFDA sudah sering melakuan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan menjajaki kerja sama dengan pihak Indonesia.

"Kerja sama antara BPOM dan Arab Saudi perlu segera dapat direalisasikan mengingat Indonesia sebagai salah satu negara yang mengirimkan jamaah Haji terbesar di dunia memerlukan produk-produk nasional untuk memenuhi kebutuhan konsumsi bagi jamaah yang melakukan ibadah di Arab Saudi," paparnya.

Pertemuan KJRI Jeddah dengan SFDA untuk meningkatkan kerja sama dalam upaya agar produk-produk Indonesia dipermudah masuk pasar Arab Saudi.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9040 seconds (0.1#10.140)