Dorong Pencapaian Target Nol Emisi RI, Ecadin Gelar Workshop Pengembangan CCS

Minggu, 03 Maret 2024 - 09:56 WIB
loading...
Dorong Pencapaian Target Nol Emisi RI, Ecadin Gelar Workshop Pengembangan CCS
Workshop Carbon Capture and Storage (CCS) seri kedua dihadiri lebih dari 130 pemangku kepentingan baik dari pembuat kebijakan, industri, dan badan riset yang terlibat rantai nilai teknologi dan ekonomi CCS. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Energy Academy Indonesia (ECADIN) bekerja sama dengan Indonesia Carbon Capture and Storage Center (ICCSC) di bawah Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) serta Global Carbon Capture and Storage Institute (GCCSI) menyelenggarakan Workshop Carbon Capture and Storage (CCS) seri kedua. Workshop ini merupakan bentuk komitmen nyata ECADIN dalam mendorong pencapaian target nol emisi Indonesia pada tahun 2060.



Mengusung tema "Carbon Capture & Storage (CCS) Technology Advancements & Economics", acara ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung di Shangri-La Hotel, Jakarta, pada 28-29 Februari 2024. Kegiatan ini didukung oleh Technip Energies, PT Pertamina (Persero), dan PT Thyssenkrupp Industrial Solutions Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 130 pemangku kepentingan baik dari pembuat kebijakan, industri, dan badan riset yang terlibat dalam rantai nilai teknologi dan ekonomi CCS. Agenda ini merupakan wadah berbagi pengetahuan dan tempat untuk berkolaborasi dalam mengembangkan ekosistem CCS. Kegiatan ini dibuka oleh Desti Alkano, sebagai Founder & CEO dan ECADIN.

“CCS merupakan rantai nilai yang kompleks dan menangkap karbon bukanlah komoditas yang dapat dijual dengan mudah di pasar seperti halnya batu bara, minyak, atau gas. Sehingga, kebijakan yang kuat adalah kunci utama dalam pengembangan dan kemajuan CCS," ungkap Desti menekankan dalam sambutannya.



Workshop Carbon Capture and Storage (CCS) kedua, yang merupakan kelanjutan dari seri pertama di bulan November 2023, berfokus pada diskusi tentang perkembangan teknologi, keekonomian, dan kebijakan terkait CCS di tingkat global dan regional Asia Tenggara.

Pada hari pertama acara, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi dalam paparannya menegaskan bahwa “Pemerintah terus berkomitmen dalam mendukung investasi berkelanjutan dengan fokus pada pengurangan emisi karbon. Langkah-langkah untuk mengurangi emisi karbon di seluruh sektor dan memanfaatkan tempat penyimpanan karbon strategis di Indonesia didorong oleh perkembangan kebijakan yang terus disempurnakan dan kolaborasi internasional untuk mendukung implementasi CCS”.

Acara juga dihadiri oleh para pembicara terkemuka di sektor CCS, termasuk Candra Sri Sutama sebagai Chief Operating Officer ECADIN, David T. Kearns dari Global CCS Institute, Tubagus A. Gunawan sebagai Net Zero R&D Researcher ECADIN dan Princeton University, Amerika Serikat, Dadan Damayandri dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Kamal Jansen dari SLB.

Dalam acara ini, turut hadir Oki Muraza, Senior Vice President of Technology Innovation PT Pertamina (Persero) yang menegaskan komitmen dalam mencapai nol emisi dan mempresentasikan kemajuan CCS di Pertamina untuk mencapai tujuan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)