Dorong Kedewasaan Finansial, Nasabah Blu by BCA Digital Tumbuh 53,4%

Selasa, 05 Maret 2024 - 10:11 WIB
loading...
Dorong Kedewasaan Finansial, Nasabah Blu by BCA Digital Tumbuh 53,4%
Pertumbuhan blu by BCA Digital di tahun 2023 setidaknya meliputi pencapaian laba bersih yang mencapai Rp46,04 miliar, dan pertumbuhan nasabah sebesar 53,4%. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Blu by BCA Digital merilis highlight pertumbuhan disepanjang tahun 2023 dalam acara BCA Expoversary 2024, dengan tema “blu: Partner Menuju Kedewasaan Finansial”. Pertumbuhan blu by BCA Digital di tahun 2023 setidaknya meliputi pencapaian laba bersih yang mencapai Rp46,04 miliar, pertumbuhan transaksi hingga kepercayaan nasabah yang tercermin melalui pertumbuhan nasabah sebesar 53,4%, atau yang kini mencapai lebih dari 1,7 juta nasabah.

“Kami senang blu dapat dipercaya menjadi partner sobatblu dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangannya sehari-hari. blu akan terus berkomitmen dan #SiapJadiPegangan bagi sobatblu dengan terus meningkatkan layanan, penambahan berbagai fitur dan produk terbaru, hingga perluasan digital ecosystem bersama para mitra untuk mendukung mereka meraih kedewasaan finansial," ucap Head of Corporate Planning BCA Digital, Yoga Halim.



Dukungan blu kepada sobatblu untuk meraih kedewasaan finansial salah satunya diwujudkan melalui komitmen dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Setidaknya, blu mencatat pertumbuhan literasi sobatblu lewat inisiatif kelas edukasi bluAcademy yang telah diikuti oleh lebih dari 3.500 peserta, di mana hampir 40% peserta mengatakan telah mendapatkan literasi keuangan yang dibutuhkan.

Inklusi keuangan sobatblu juga terlihat meningkat di tahun 2023, di mana hal ini terlihat dari jumlah frekuensi transaksi sebanyak 73,7 juta kali (ytd), dan jumlah volume transaksi sebesar Rp181,9 triliun yang mengalami pertumbuhan lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan volume ini terlihat juga dari peningkatan kegiatan transaksi, mulai dari transaksi transfer yang naik 215%, pembayaran menggunakan QRIS yang tumbuh lebih dari 367%, dan transaksi top-up e-money yang tumbuh 282%.



Peningkatan seluruh pertumbuhan ini tak lain didukung oleh hadirnya berbagai produk dan fitur terbaru yang mendukung kebutuhan transaksi keuangan sobatblu untuk meraih kedewasaan finansialnya. Di antaranya peluncuran kartu bluDebit Card yang melengkapi kebutuhan transaksi sobatblu, dan bluInvest yang bekerjasama dengan mitra investasi terpercaya Moduit dan FUNDtastic.

Ada juga fitur bluInsurance yang bekerja sama dengan BCA Life, di mana sobatblu bisa membeli asuransi langsung di aplikasi blu. Kemudian, ada bluBisnis untuk mendukung transaksi bisnis sobatblu, pengajuan pinjaman melalui bluExtra Cash, bayar tagihan PLN, PDAM hingga BPJS dan top-up kartu flazz BCA langsung dari aplikasi blu.

Selain mendukung transaksi keuangan sobatblu melalui produk dan fitur menarik, blu juga telah memperluas layanan digital ecosystem dan in-app payment guna mempermudah sobatblu melakukan transaksi keuangan dari aplikasi mitra tanpa perlu keluar aplikasi.

Di antaranya adalah peluncuran kerja sama lewat blUnion dengan berbagai mitra dari beragam sektor industri, mulai dari pembayaran kebutuhan investasi emas bersama EmasKita, food and beverage (FnB) bersama Fore dan Kopi Kenangan, hingga pendidikan yang bekerja sama dengan ITHB, UPH, dan Talenta Nusantara. Tak hanya itu, blu juga bekerjasama dengan partner pembayaran kredit kendaraan, BAF (Bussan Auto Finance). Di mana, seluruh pembayaran dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan melakukan linkage pada akun rekening blu dengan masing-masing aplikasi mitra.

Untuk terus meningkatkan inklusi keuangan nasabah setia, blu juga secara rutin menyelenggarakan promo menarik yang dapat dinikmati nasabah. Seperti pada periode bulan Maret 2024, sobatblu bisa menikmati promo cashback di restoran Wingstop Rp10 ribu, Kopi Kenangan 40% dan bioskop Cinepolis 50% dengan metode pembayaran QRIS, diskon Rp15 ribu di Grab pakai bluVirtual Card, dan cashback 25% di McDonald’s dan Indomaret jika melakukan pembayaran menggunakan bluDebit Card.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)