Mengungkap Misi Ambisius Ekonomi China, Tahun Ini Target Tumbuh 5%

Jum'at, 08 Maret 2024 - 06:57 WIB
loading...
A A A
"Kita harus terus maju dengan mengubah model pertumbuhan, membuat penyesuaian struktural, meningkatkan kualitas, dan meningkatkan kinerja," katanya.

Li tidak memberikan garis waktu yang tepat atau rincian garis besar untuk perubahan tersebut, tetapi mencatat bahwa stabilitas ekonomi akan menjadi dasar untuk semua yang dilakukannya.

Di antara langkah-langkah yang ingin diambil China tahun ini, Li menyebutkan di antaranya pembiayaan proyek-proyek sektor properti yang tidak bermasalah, membatasi kelebihan kapasitas industri, membuka lebih banyak sektor untuk investasi asing dan "sepenuhnya menghapus" pembatasan untuk investasi asing di bidang manufaktur, dan memberikan akses yang lebih luas kepada investor swasta.

Seperti diketahui PDB China pada tahun 2023 tumbuh sebesar 5,2%, untuk berada dalam laju ekspansi paling lambat sejak 1990, dengan pengecualian tiga tahun pandemi hingga 2022. Banyak analis Barat memperkirakan pertumbuhan China akan melambat lebih lanjut karena lonjakan utang dan krisis real estate yang telah merusak kepercayaan konsumen.

IMF sebelumnya memperkirakan bahwa PDB negara itu akan mencapai 4,6% pada tahun 2024 di tengah kelemahan yang masih ada di sektor properti dan lemahnya permintaan eksternal.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)