Stok Beras Bulog Turun, Pasokan Selama Ramadan dan Lebaran 2024 Aman?

Senin, 18 Maret 2024 - 18:53 WIB
loading...
Stok Beras Bulog Turun, Pasokan Selama Ramadan dan Lebaran 2024 Aman?
Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengaku stok cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang mengalami penurunan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog , Bayu Krisnamurthi mengaku stok cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang mengalami penurunan. Saat ini pasokan beras yang diamankan perusahaan 1 juta ton.



Menurutnya, menipisnya stok beras di gudang lantaran sudah digunakan untuk sejumlah program. Dua diantaranya adalah Beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) atau operasi pasar dan bantuan sosial (bansos) beras 10 kilogram (Kg).

“Yang bisa saya konfirmasi per hari ini beras Bulog sekitar 1 juta ton, ini agak menurun karena digunakan berbagai kepentingan (program),” ujar Bayu dalam forum Bicara BUMN, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024).



Kendati menurun, Bayu memastikan pihaknya akan terus memenuhi pasokan beras melalui serapan di dalam negeri dan impor dari negara mitra. Bahkan, dia menyebut stok yang tersisa bisa memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran 2024.

“Namun demikian Bulog akan menambahkan melalui pengadaan dalam negeri dan luar negeri,” paparnya.

Adapun, 90% dari total pasokan beras Bulog saat ini adalah beras premium yang didatangkan dari sejumlah negara mitra. “99 persen premium, hampir semua datang dari impor,” beber dia.

Per 26 Februari 2024 sisa beras impor Bulog mencapai 1,5 juta ton. Saat itu, pasokan CBP yang sudah diamankan ada di angka 1,4 juta ton.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)