Bermodal KUR BRI, Usaha Air Isi Ulang Lancar, Bisnis Jual Beli Kambing Berkembang

Senin, 25 Maret 2024 - 20:51 WIB
loading...
A A A
Setelah menemukan rumah yang lokasinya sesuai dengan keinginannya, Sujana memutuskan langsung mengontraknya selama dua tahun. Selain menjalankan usaha Agen BRILInk, di rumah kontrakannya itu Sujana mulai merintis usaha air kemasan isi ulang yang hingga kini terus berjalan.

Pardi, karyawan Sujana yang mengurus usaha air kemasan isi ulang mengatakan, usaha air kemasan isi ulang saat ini sudah banyak saingan. Kalau dulu sehari tempatnya bisa mengisi air dari truk pengisi air bisa dua hingga tiga kali, tetapi saat ini hanya sekali mengisi dalam seminggu.

"Saingan sekitar sini sudah banyak. Tetapi ya masih lumayanlah yang beli ke sini karena kita kan sudah lama ya bukanya,” kata Pardi sambil mengisi air lewat mesin ke galon-galon pembeli yang kosong.

Dia yakin usaha air kemasan isi ulang masih akan dibutuhkan terlebih di kawasan padat penduduk seperti di Rawa Bunga, Jatinegara ini.

Aneka Jenis KUR BRI

Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Kantor Cabang (KC) Otista, Jakarta Timur, R Mochamad Yogiprayogi mengatakan, KUR BRI selama ini memang diperuntukkan bagi pengusaha UMKM yang merupakan fasilitas pinjaman dana untuk masyarakat. Besaranya bervariasi, KUR Mikro antara Rp5 juta hingga 100 juta, kemudian KUR Kecil antara Rp100 juta sampai Rp500 juta.

Menurut Mochamad Yogiprayogi, dari berbagai jenis KUR untuk UMKM tersebut, semuanya mememiliki kelebihan. Antara lain adanya subsidi bunga oleh pemerintah. “Kemudian kemudahan lain yakni keringanan perijinan dan keringanan agunan,” ujar pria yang akrab disapa Yogi ini.

Yogi merinci selama tahun 2023, jumlah KUR Mikro yang disalurkan di wilayah KC BRI Otista mencapai Rp224 miliar. Sementara target penyaluran KUR Mikro KC BRI Otista tahun 2024 sebesar Rp304 miliar.

Seperti diketahui, salah satu lembaga keuangan yang aktif dalam menyalurkan KUR adalah BRI. Bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan modal untuk pengembangan usaha, bisa mengajukan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BRI.

Syarat pengajuan KUR BRI pun cukup mudah. Dilansir dari laman resminya, persyaratan dokumen untuk pengajuan KUR BRI di antaranya KTP, izin usaha, dan NPWP untuk plafond di atas Rp 50 juta.

KUR BRI diperuntukkan bagi calon nasabah yang memiliki usaha produktif dan layak serta belum pernah menerima kredit/pembiayaan investasi/modal kerja komersial
KUR BRI tahun 2024 akan hadir dalam tiga kategori, yakni KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dalam KUR Mikro, setiap peminjam dapat mengajukan pinjaman hingga maksimal Rp50 juta. Sedangkan, KUR Kecil memungkinkan peminjam untuk memperoleh pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp500 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4441 seconds (0.1#10.140)