alexametrics

OJK Bakal Gandeng Dukcapil Tingkatkan Perbankan Digital

loading...
OJK Bakal Gandeng Dukcapil Tingkatkan Perbankan Digital
Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Foto/SINDOnews
A+ A-
BOGOR - Sektor perbankan sudah saatnya memenuhi ekspektasi generasi digital dan melenial, bila tidak maka bank-bank yang masih konvensional akan ditinggalkan nasabahnya. Hal ini menjadi fokus pembahasan dalam diskusi perbankan bertajuk Transformasi Layanan Perbankan Menembus Era Digital.

Kepala Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK, Antonius Hari, mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pihak Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Hal tersebut penting karena perbankan bisa memanfaatkan data dari Dukcapil agar meningkatkan perbankan digital.

"Kalau enggak maka akan kalah bersaing makanya pakai digitalisasi bank yang praktis," ujar Antonius Hari di Bogor, Sabtu (20/10/2018).

Untuk itu, dia akan segera mengajukan izin, dimasukan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB). OJK menganggap rencana tersebut adalah produk baru bagi perbankan. Agar nasabah yang akan membuka rekening, kedepannya tidak harus lagi tatap muka hanya dengan mengandalkan data Dukcapil.

"Ya sedang kita lakukan penjajakan, kita sudah punya MoU dan kita hanya perlu memperbahurui dengan perkembangan digitilisasi ini, mereview kerja sama Dukcapil dan perbankan ini. Kita perlu menyempurnakan biar mencakup semuanya dan ada beberapa perjanjian kerja sama yang enggak seragam," tandasnya.

Sebagai informasi, Berdasarkan survei PWC, bank-bank di Indonesia memprioritaskan aplikasi perbankan berbasis mobile (86%) dalam pengembangannya. Seiring hal tersebut, dalam 2 tahun terakhir biaya bank untuk perangkat lunak terus meningkat.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak