alexametrics

4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Empat Tahun Jokowi-JK: Angka Kemiskinan dan Pengangguran Turun

loading...
Empat Tahun Jokowi-JK: Angka Kemiskinan dan Pengangguran Turun
Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Presiden Joko Widodo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan banyak prestasi yang dicapai selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Salah satunya pemerintahan Jokowi dianggap berhasil menurunkan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran di Tanah Air.

Darmin menyebutkan, saat ini tingkat kemiskinan di Indonesia adalah 9,82%. Menurutnya, baru kali ini tingkat kemiskinan di Indonesia berada di level satu digit.

"Tingkat kemiskinan adalah posisi yang terbaik mungkin yang kita alami sejak beberapa puluh tahun terakhir, yaitu 9,82%. Jadi satu digit," katanya dalam Konferensi Pers 4 Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Setneg, Jakarta, Selasa (23/10/2018).



Tak hanya itu, indeks gini rasio juga mencapai posisi terbaik yaitu 0,389. Posisi ini membaik sejak tujuh hingga delapan tahun terakhir.

Lebih jauh, tingkat pengangguran di Tanah Air secara konsisten mengalami penurunan. Saat ini, angka pengangguran berada di level 5,13%.

"Angka itu ditambah dengan tingkat inflasi yang bisa dikendalikan. 20 tahun lalu inflasi kita double digit. Setelah reformasi ada upaya mengendalikannya, dan dalam periode empat tahun terakhir kinerjanya sungguh sudah bisa dibanggakan. Lebih stabil karena angkanya bergerak pada angka sekitar 3,5%," imbuh dia.

Menurutnya, kondisi ini menggambarkan bahwa kinerja fiskal pemerintah semakin menguat. "Memang sempat satu dua tahun, dua tiga tahun lalu agak melemah fiskal tapi sekarang sudah solid. Terutama sektor riil solid," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak