alexametrics

Penggunaan Produk Baja Lokal Kurangi Ketergantungan Impor

loading...
Penggunaan Produk Baja Lokal Kurangi Ketergantungan Impor
Ketua IISIA Silmy Karim. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - The Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA) mengatakan, penggunaan produk baja lokal di kegiatan hulu migas nasional diyakini bakal mengurangi ketergantungan impor.

Ketua IISIA, Silmy Karim, mengatakan SKK Migas telah mendukung industri nasional dengan meningkat penggunaan produk dalam negeri, sehingga mekanisme yang dipakai adil.

"Yang paling penting kan adil. Kalau impor terus kan terjadi persaingan yang tidak adil," ujarnya di Jakarta, Jumat (9/11/2018).



Silmy menjelaskan, tidak ada kendala dari asosiasi dari sisi harga dan kualitas, namun yang disoroti semangat untuk membangun industri baja nasional yang sehat serta berjangka panjang.

"Berjangka panjang kan artinya efisien dan kompetitif. Kalau tidak berjangka panjang tidak kompetitif yang rugi kan nasional," katanya.

Menurut Silmy, harga baja impor dan lokal tidak ada bedanya karena pakai standar harga dunia, tapi ada oknum nakal yang bermain di bea dan rebate.

"Bisa murah 20%-30%, bersaing secara adil dengan membuat industri baja bisa adil karena baja itu ibu dari industri dan daya saing suatu negara," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak