Bank-bank Rusia Berpeluang Mengalahkan Rekor Pendapatan Rp558,3 Triliun di 2023

Kamis, 11 April 2024 - 07:03 WIB
loading...
A A A
Regulator juga mewajibkan sistem pembayaran Barat seperti Visa dan MasterCard untuk mentransfer pemrosesan transaksi kartu di Rusia ke sistem pembayaran nasional yang baru dibuat. Langkah-langkah tersebut membantu menghindari jatuhnya pembayaran ketika bank-bank Rusia terputus dari Visa dan MasterCard pada tahun 2022.

Pada tahun 2022, bank sentral memberi sektor perbankan Rusia bantuan dengan merilis aturan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal itu turut membantu sektor perbankan menahan guncangan. Pada saat itu, bank menyisihkan cadangan keuangan yang cukup, dan ketika ekonomi negara mulai menyesuaikan dengan sanksi, bank dapat mulai meningkatkan laba.

Kredit bermasalah terpantau tetap rendah di Rusia, terutama dalam pinjaman hipotek. Menurut perkiraan baru-baru ini, pangsa NPL mencapai 0,5% dari segmen hipotek pada tahun 2023.

Perdana Menteri Mikhail Mishustin pada pekan lalu menyarankan, bahwa dividen bank dapat digunakan sebagai sarana untuk mendistribusikan kembali keuntungan pemberi pinjaman yang melonjak ke anggaran federal. PM mengusulkan gagasan itu sebagai tanggapan terhadap anggota parlemen yang menyarankan penerapan pajak keuntungan berlebih.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4092 seconds (0.1#10.140)