Brutal Menggempur Gaza, Israel Tercekik Utang Rp697 Triliun

Senin, 22 April 2024 - 11:33 WIB
loading...
Brutal Menggempur Gaza, Israel Tercekik Utang Rp697 Triliun
Seorang pria menggendong bayi saat para pengungsi Palestina, yang melarikan diri dari rumah mereka akibat serangan Israel, berlindung di sebuah kamp tenda. FOTO/Reuters/Ibraheem Abu Mustafa
A A A
JAKARTA - Perang Israel dengan Hamas menyebabkan utang negara itu meningkat dua kali lipat tahun lalu. Israel menumpuk utang sebesar NIS 160 miliar atau USD43 miliar atau setara Rp697 triliun pada 2023 separuh dari sebelum konflik sebesar NIS 81 miliar.

Akuntan Jenderal Yali Rothenberg mengatakan peningkatan utang tahun lalu sangat besar untuk menyesuaikan taktis dan strategis.

"Terlepas dari banyaknya ketidakpastian dan tantangan, kemampuan untuk meningkatkan utang di pasar lokal dan global, bahkan di masa perang, dalam volume yang signifikan dan rasio cakupan yang sangat tinggi, menunjukkan tingginya aksesibilitas negara Israel ke pasar,” kata Yali, dikutip dari Reuters, Senin (22/4/2024).



Total utang mencapai 62,1% dari produk domestik bruto (PDB) 2023, naik darI 60,5% pada 2022, karena lonjakan pengeluaran perang, dan diperkirakan mencapai 67% pada 2024. Israel bulan lalu berhasil mengumpulkan rekor pinjaman USD8 miliar dalam penjualan obligasi internasional pertamanya sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, dengan permintaan yang sangat tinggi bahkan setelah Moody's menurunkan peringkat kredit Israel untuk pertama kalinya pada bulan Februari.

Pemerintah Israel pada 2023 mengumpulkan utang sekitar NIS 116 miliar, atau 72% dari total di dalam negeri dengan 25% dipinjam dari luar negeri dan sisanya dalam bentuk utang lokal yang tidak dapat diperdagangkan. Akibatnya, utang publik tumbuh 8,7% tahun lalu menjadi NIS 1,13 triliun, sebagian didorong oleh inflasi dan tingkat suku bunga yang lebih tinggi, kata kementerian tersebut. Rasio beban bunga terhadap PDB tidak berubah tahun lalu pada 2,4%.



Dalam penurunan peringkat kredit menjadi A2, Moody's mengutip risiko-risiko politik dan fiskal yang material bagi negara ini dari perangnya dengan Hamas. Anggota parlemen sebulan yang lalu memberikan persetujuan akhir untuk anggaran negara 2024 yang telah diubah yang menambahkan puluhan miliar shekel untuk mendanai perang dengan Hamas, dengan pengeluaran tambahan untuk pertahanan dan kompensasi untuk rumah tangga dan bisnis yang dirugikan oleh pertempuran yang sedang berlangsung. Pengeluaran untuk tahun 2023-2024 meningkat sebesar NIS 100 miliar karena biaya perang, Bank of Israel mengatakan dalam sebuah laporan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)