Indonesia Akan Terus Tumbuh Manfaatkan Industri 4.0, Bukan Mau Punah

Selasa, 18 Desember 2018 - 17:34 WIB
Indonesia Akan Terus Tumbuh Manfaatkan Industri 4.0, Bukan Mau Punah
Indonesia Akan Terus Tumbuh Manfaatkan Industri 4.0, Bukan Mau Punah
A A A
JAKARTA - Perekonomian global saat ini sedang memasuki era revolusi industri 4.0 atau digital. Teknologi menjadi penopang beberapa negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi mereka.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, menerangkan Indonesia merupakan salah satu negara yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Sehingga, tegas Luhut, Indonesia akan terus tumbuh bukan malah punah.

"Bilang Indonesia mau punah, aneh. Kita punya semangat besar menjadi pemain global di bidang teknologi," ujarnya di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Luhut menjelaskan, pengembangan teknologi terbaru yakni 5G menjadi masalah ketika ada pertikaian dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Hal ini terkait defisit perdagangan sekitar USD500 miliar.

"Teknologi 5G lebih cepat. Artinya teknologi membuat dunia berubah, kita mau jadi penonton? Bahan bakunya ada di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, pernyataan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto yang menyebut Indonesia akan punah jika kubunya kalah pada Pemilu 2019 dikomentari berbagai pihak.

Salah satunya dari Ma'ruf Amin. Dia tidak sependapat dengan pernyataan Prabowo. Menurut Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 itu, Indonesia tidak akan punah.

"Memangnya hewan purba? Saya kira Indonesia kedepan makin kuat," ujar Ma'ruf di kediamannya, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Selasa (18/12/2018).
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3289 seconds (0.1#10.140)