alexametrics

Sri Mulyani Temukan Kendala Ekonomi Papua yang Terhambat

loading...
Sri Mulyani Temukan Kendala Ekonomi Papua yang Terhambat
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja ke Papua. Foto/Dok.
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Papua pada Selasa (18/12) untuk meninjau perkembangan Papua dan jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang ada di daerah tersebut.

Dalam kunjungan kerja ini, mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini, menemukan kendala ekonomi Papua yang masih terhambat. Salah satunya menjaga daerah perbatasan adalah pekerjaan yang tidak mudah.

"Contohnya seperti dari imigrasi yang memiliki kebijakan baru mengenai perlunya menggunakan paspor untuk memasuki Indonesia dari Papua Nugini, mengakibatkan penurunan jumlah pengunjung yang juga menurunkan aktivitas ekonomi di perbatasan," ujar Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (18/12/2018).



Meski terjadi penurunan pengunjung tapi kata Sri Mulyani, kebijakan tersebut merupakan hal yang baik. Karena demi menjaga keamanan dan hubungan yang lebih formal antara Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Papua Nugini. Namun, dampak dari penurunan kegiatan ekonomi ini akan dipikirkan lagi untuk solusinya.

"Termasuk dari jajaran Bea Cukai, yaitu harus terus menjaga kepentingan penerimaan negara. Di satu sisi berdampak karena aktifitas yang menurun. Tetapi di sisi lain, melakukan kesiapan untuk memfasilitas perkembangan ekonomi perbatasan. Itu yang akan kita pikirkan," terangnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak