Berhenti Jadi Karyawan, Agen BRILink Sujana Bantu Literasi Keuangan Kaum Perantau

Sabtu, 27 April 2024 - 19:31 WIB
loading...
A A A
Menjadi AgenBRILink, kata pria yang akrab disapa Jana ini, banyak berdampak baik terhadap usaha air minum isi ulangnya. Ia pun menceritakan, bagaimana nasabah AgenBRILink terus bertambah yang rata-rata berasal dari pelanggan jasa air isi ulang.

“Setidaknya mereka yang beli air isi ulang, lama-lama tahu kalau di sini bisa kirim uang, bayar listrik, bayar PAM dan sebagainya. Sebaliknya, banyak dari nasabab BRILink yang juga beli air isi ulang,” tutur pemilik Agen BRILink bernama Nabil Hakim ini.

Pimpinan Cabang (Pinca) Kantor Cabang (KC) BRI Jakarta Otista, R Mochamad Yogiprayogi mengatakan pihaknya selama ini memang memaksimalkan peran Agen BRILink untuk memasyarakat literasi keuangan. Terlebih selama ini Agen BRILink biasanya sudah sangat memahami kondisi masyarakat di sekitarnya.

“Selama ini Agen BRILInk kita anggap yang memiliki wilayah. Artinya kita dorong memaksimalkan peran mereka untuk mengedukasi soal literasi keuangan di tengah masyarakat,” ujar Mochamad Yogiprayogi kepada SINDONews baru-baru ini.

Mengutip laman resmi BRI disebutkan, BRI melalui AgenBRILink selama ini dinilai berhasil menjembatani masyarakat di daerah terpencil untuk mendapatkan layanan perbankan. Hingga akhir November 2023, tercatat BRI telah memiliki 719.000 Agen BRILink di seluruh Indonesia. Adapun volume transaksi mencapai Rp1.293 triliun.

Inovasi layanan BRI ini juga menyumbang kontribusi terhadap sharing economy kepada masyarakat sebesar 2-3 kali lipat dari Fee Based Income yang diterima perseroan melalui AgenBRILink. Jumlah fee based income dari Agen BRILink hingga akhir November 2023 sebesar Rp1,4 triliun. Para agen secara total bisa mendapatkan 2 kali-3 kali lipat dari yang diterima BRI.

Mereka menghimpun dana murah senilai Rp22,5 triliun. Agen BRILink juga mereferalkan masyarakat untuk menjadi debitur. Jumlahnya mencapai 2,6 juta debitur hingga akhir November 2023..

Cara Menjadi Agen BRILink


1. Persiapkan syarat dan dokumen yang dibutuhkan

2. Kunjungi unit kerja BRI terdekat

3. Pihak BRI akan melakukan verifikasi dokumen

4. Jika disetujui, Anda sudah bisa menjadi agen BRILink


Syarat Jadi Agen BRILink


1. WNI Perseorangan / instansi non berbadan hukum

2. Memiliki usaha minimal 2 tahun

3. Memiliki rekening simpanan berkartu di Bank BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp3 juta (khusus EDC) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen

4. Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)

5. Memiliki smartphone android minimal OS 4.4 (Kitkat), akses internet dan printer mobile (optional) bagi agen BRILink Mobile

6. Belum menjadi agen dari bank penyelenggara Laku Pandai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0766 seconds (0.1#10.140)