Nilai Pasarnya Bakal Rp1.600 Triliun, Ini Kunci Sukses Implementasikan AI untuk Bisnis

Jum'at, 17 Mei 2024 - 11:20 WIB
loading...
Nilai Pasarnya Bakal...
Industri kecerdasan buatan AI diperkirakan akan meningkat pesat dalam beberapa tahun mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Industri kecerdasan buatan aritificial intelegence (AI) diperkirakan akan meningkat pesat dalam beberapa tahun mendatang. Menurut Next Move Strategy Consulting, nilai pasar AI diperkirakan akan meningkat drastis hingga mencapai USD100 miliar atau Rp1.600 triliun (kurs Rp16.000) pada tahun 2030, hampir mencapai USD2 triliun.



Pemasaran, rantai pasokan, pembuatan produk, penelitian, analisis, dan banyak lagi adalah beberapa industri yang menggunakan kecerdasan buatan dalam proses bisnis. Dalam beberapa tahun mendatang, beberapa trend utama yang akan mendorong kemajuan AI adalah chatbots, pengolahan gambar AI, dan aplikasi mobile.

Menyadari pentingnya AI, maka lebih dari 2.000 profesional dari berbagai industri berkumpul di Indonesia Cloud & Data Center Convention 2024. Ajang yang membahas pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam memanfaatkan teknologi Cloud dan AI ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.



Di era digital yang semakin berkembang, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) menjadi salah satu teknologi yang mampu mengubah lanskap bisnis secara signifikan, IDCloudHost, sebagai salah satu penyedia layanan cloud di Indonesia, mengungkapkan kunci sukses dalam mengimplementasikan AI untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi bisnis.

“AI bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang cara kita mengintegrasikannya ke dalam proses bisnis yang ada. Kunci sukses dalam implementasi AI terletak pada pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan bisnis dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Dengan strategi yang tepat, AI dapat memberikan nilai tambah yang signifikan dan membantu bisnis mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien,” kata COO IDCloudHost, Adam Darmanto di ajang tersebut, dikutip Jumat (17/5/2024).

Adam menambahkan, ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin sukses dalam mengimplementasikan AI. Di antaranya, memahami kebutuhan bisnis, dukungan infrastruktur, kolaborasi tim, kemampuan talenta, dan visi dari manajemen.

Sementara itu, Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IDCloudHost, menyatakan IDCloudHost mempersiapkan layanan cloud yang sensible untuk mendukung implementasi AI untuk bisnis. "Sangat cocok bagi perusahaan yang ingin mengadopsi AI ke dalam proses bisnis tanpa risiko investasi yang besar,” jelasnya.

IDCloudHost berkomitmen mendukung perusahaan dalam perjalanan transformasi digital mereka dan dalam mengadopsi AI ke dalam proses bisnis melalui layanan cloud yang andal. AI memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia. Dengan strategi implementasi yang tepat dan pemilihan cloud provider dengan dukungan infrastruktur yang baik, perusahaan dapat mengimplementasikan AI untuk mencapai hasil maksimal sesuai kebutuhan perusahaan.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)